Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Cuti Online Telkom Indonesia Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Cuti Online Telkom Indonesia Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Nafianti, Rida
Tolle, Herman
Rokhmawati, Retno Indah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Telkom Indonesia merupakan perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk mengelola cuti. Namun dalam pelaksanaannya, masih terdapat kendala pada proses pengelolaan cuti tersebut. Salah satunya saat karyawan ingin melakukan pengajuan cuti namun atasan tidak berada di tempat, maka persetujuan cuti tidak dapat diberikan. Proses pengajuan cuti yang tidak dapat dipantau juga menjadi kendala. Oleh karena itu diperlukan proses perancangan ulang aplikasi berbasis desktop dan mobile sehingga proses pengelolaan cuti dapat menjadi lebih mudah. Pada proses perancangan ulang haruslah mempertimbangkan user experience agar aplikasi dapat terus digunakan oleh pengguna. Pada proses perancangan ulang ini pendekatan yang digunakan adalah Human-Centered Design (HCD). HCD melibatkan perspektif manusia, dalam hal ini adalah pengguna dan stakeholder, pada keseluruhan proses pengembangan solusi, yang mana terdiri atas beberapa tahapan. Tahap analisis konteks penggunaan dan kebutuhan pengguna dilakukan dengan wawancara kepada stakeholder Telkom Indonesia dan juga pengamatan terhadap aplikasi yang telah ada sebelumnya. Dari proses tersebut didapatkan informasi bahwa akan ada tiga pengguna pada aplikasi yakni employee, admin, dan approver yang masing-masing memiliki karakteristik dan tugas berbeda. Pada tahap perancangan desain solusi dihasilkan wireframe, screenflow, serta high-fidelity prototype yang merupakan hasil akhir tampilan antarmuka aplikasi nantinya. Tahap evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode heuristic evaluation oleh tiga evaluator. Ditemukan total sebanyak sembilan belas permasalahan pada rancangan desain solusi. Dari keseluruhan masalah tersebut terdapat lima permasalahan yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan. Namun, dilakukan pula perbaikan terhadap permasalahan lainnya sehingga menyisakan sebanyak nol permasalahan.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7073
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com