Evaluasi User Experience Gim Mobile Legends: Bang Bang menggunakan Design Thinking
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi User Experience Gim Mobile Legends: Bang Bang menggunakan Design Thinking |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Septianawati, Evika Aknuranda, Ismiarta` Hanggara, Buce Trias Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) adalah salah satu gim daring yang digemari di Indonesia. Namun, berdasarkan penelitian awal yang telah dilakukan secara daring melalui kuesioner terdapat beberapa faktor yang tidak disukai pengguna saat memainkan gim Mobile Legends. Kerap kali pemain yang bermain di mode rank secara solo (tanpa main bersama), dibuat kerepotan oleh beberapa pemain yang mempunyai tingkah laku tidak menyenangkan salah satu contohnya adalah pemain yang toxic. Hal ini terus berlanjut hingga musim Mobile Legends saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali faktor-faktor apa saja yang tidak disukai pengguna saat memainkan gim Mobile Legends dan mengusulkan ide solusi yang dapat mendukung serta menyelesaikan permasalahan yang dialami pemain. Penelitian ini menggunakan Design Thinking, setiap tindakan yang dilakukan menggunakan proses ini berpusat pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pengguna. Terdapat beberapa tahapan dalam Design Thinking yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap Empathize ditemukan sebanyak 7 permasalahan, kemudian informasi yang telah dikumpulkan selama tahap Empathize melalui wawancara dianalisis dan disintensis pada tahap Define dan menghasilkan 5 problem statement. Pada tahap Ideate dihasilkan sebanyak 5 ide solusi, ide solusi tersebut diimplementasikan pada tahap prototype serta dilakukan pengujian dengan menggunakan Feedback Capture Matrix untuk mendapatkan umpan balik pengguna.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9505 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|