Pembangunan Aplikasi Perangkat Bergerak Konseling Online pada Anxiety Disorder berbasis Android menggunakan Metode Personal Extreme Programming
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pembangunan Aplikasi Perangkat Bergerak Konseling Online pada Anxiety Disorder berbasis Android menggunakan Metode Personal Extreme Programming |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Nugraha, Muhammad Satya Brata, Komang Candra Brata, Adam Hendra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Berdasarkan studi kesehatan dasar yang dilakukan Kementerian Kesehatan pada 2018, 9-10 dari setiap 100 orang Indonesia menderita gangguan mental dan emosional. Peningkatan signifikan dibandingkan data tahun 2013 yaitu 6%. Meskipun mempunyai angka penderita yang tinggi, ada ketidakseimbangan yang besar antara jumlah kasus kesehatan mental dan ketersediaan profesional kesehatan mental di negara berpenghasilan menengah ke bawah (L-MIC), termasuk di Indonesia. Selain itu, harga konsultasi ke para tenaga profesional cukup tinggi khususnya untuk kalangan remaja Dari permasalahan tersebut terdapat sebuah solusi alternatif, yaitu internet-based intervention. Cyber counseling atau yang sering disebut juga E-counseling (electronic counseling) merupakan layanan bimbingan dan konseling menggunakan teknologi komputer khususnya internet. Pada penelitian ini akan mengembangkan aplikasi e-counseling sebagai tindakan preventif dan penanganan pada gangguan kecemasan. Penelitian ini menggunakan metode Personal Extreme Programming. Penelitian dimulai dari tahap rekayasaakebutuhan yang menghasilkan 32 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non-fungsional. Tahap implementasi pada aplikasi ini menggunakan Firebase sebagai database dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Terakhir ada tahap pengujian dengan pengujian unit menghasilkan 3 fungsional yang diujikan bernilai valid, pengujian validasi telah berhasil mencapai 100% valid sesuai expected result, dan pengujian usability menghasilkan usability score sebesar 87 pada Maze dan skor SUS sebesar 71,5. Diharapkan penelitian ini akan membantu memberikan tindakan preventif dan penanganan terhadap gejala gangguan kecemasan, mengatasi kesulitan dalam mencari informasi layanan kesehatan mental, memberi kemudahan dalam melakukan konseling, mengedukasi pentingnya kesehatan mental, hingga membantu mencari pertolongan ketika keadaan darurat.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8838 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 4 (2021): April 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|