Identifikasi Masalah Usability pada Aplikasi Mobile Halodoc dengan Menggunakan Metode Usability Testing
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Identifikasi Masalah Usability pada Aplikasi Mobile Halodoc dengan Menggunakan Metode Usability Testing |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Praditya, Luthfi Irfan Hakim Az-Zahra, Hanifah Muslimah Arwani, Issa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Aplikasi mobile Halodoc pada Google Playstore tercatat hingga pada bulan Januari 2021 mendapatkan rating 4.8 dari skala 5 dengan sekitar 6 ribu pengguna masih memberikan rating 1. Halodoc mengedepankan kemudahan dalam melakukan konsultasi dengan dokter melalui fitur chat dengan dokter, pembelian obat, pembuatan janji dan kunjungan rumah sakit tanpa perlu antri. Berdasarkan feedback pengguna serta wawancara pendahuluan aplikasi Halodoc, didapatkan permasalahan kesulitan dalam mencari informasi dan merasa kurang nyaman dengan tampilan gambar yang dirasa kurang representatif, ada pula keluhan mengenai tampilan pada beberapa menunya. Kendala-kendala tersebut menimbulkan rasa kurang nyaman pada pengguna. Untuk mengetahui seberapa rasa nyaman oleh penggguna saat menggunakan suatu aplikasi maka dibutuhkan evaluasi pada usability aplikasi. Berdasarkan evaluasi dari pengujian usability kepada tiga partisipan pengguna baru dan tiga partisipan pengguna lama dari aplikasi Halodoc kemudian dibuat rancangan desain usulan sebagai bahan rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip desain Eight Golden Rules. Hasil dari evaluasi desain usulan mendapatkan peningkatan pada nilai usability-nya yaitu pada kriteria learnability bernilai 1,62 menurun menjadi 1,13. Kriteria efficiency sebesar 89,97% naik menjadi 100,0%. Kriteria memorability rata - rata jumlah langkah dan rata - rata klik dari 33 langkah dan 29,33 klik menjadi 27,33 langkah dan 23,33 klik. Kriteria errors mendapatkan nilai 6,48% menurun menjadi 0%, serta pada kriteria satisfaction mendapatkan nilai 81,3 meningkat menjadi 90,8 yang berarti sudah juga di atas rata-rata. Dengan hasil pengujian yang mengalami peningkatan dari nilai usabilitynya maka desain usulan dapat mudah digunakan oleh pengguna serta telah menyelesaikan permasalahan dari pengguna.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9677 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 9 (2021): September 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|