Record Details

Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Jurusan Multimedia Tahun Ajaran 2019/2020 (Studi Kasus: SMK Negeri 51 Jakarta Timur)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Jurusan Multimedia Tahun Ajaran 2019/2020 (Studi Kasus: SMK Negeri 51 Jakarta Timur)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Maulana, Kevin
Wijoyo, Satrio Hadi
Afirianto, Tri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Kebijakan belajar secara daring yang terpaksa diambil selama masa pandemi Covid-19 mengharuskan SMK Negeri 51 Timur memanfaatkan media pembelajaran untuk memfasilitasi kegiatan belajar dan mengajar tetap berjalan. Salah satu media pembelajaran yang dimanfaatkan oleh SMKN 51 Jakarta Timur merupakan Google Classroom. Dalam konteks pemanfaatan Google Classroom dalam hal teknologi komputer, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pemakaian teknologi oleh pengguna, salah satunya adalah persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Pada penelitian kali ini, penulis menguji pengaruh faktor persepsi kemudahan serta persepsi kemanfaatan Google Classroom sebagai media belajar yang dimanfaatkan pihak SMK 51 Jakarta Timur serta bagaimana pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan kemandirian belajar para peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan dalam hal mengetahui apakah termuat pengaruh parsial dan pengaruh simultan pada persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan siswa dalam menggunakan Google Classroom terhadap motivasi belajar dan kemandirian belajar mereka. Peneliti melakukan observasi, wawancara serta membagikan kuesioner untuk mengumpulkan data primer. Penulis menggunakan teknik sampling jenuh di dalam mengambil sampel atau menggunakan keseluruhan populasi dari siswa pada jurusan multimedia tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 72 siswa dan siswa dari dua kelas pada jurusan multimedia. Untuk pengolahan data, penulis menggunakan uji parsial (uji t), uji koefisiensi determinasi, pengujian korelasi product moment, pengujian regresi linier sederhana serta pengujian regresi linier berganda. Setelah melakukan proses pengolahan data, penulis mendapatkan hasil sebagai berikut (1) persepsi kemudahan penggunaan Google Classroom memiliki pengaruh parsial pada motivasi belajar yang terlihat dari nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔  4,066 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,99444 dengan nilai signifikansi 0,000 (2) persepsi kemudahan penggunaan Google Classroom memiliki pengaruh parsial pada kemandirian belajar yang terlihat dari nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔  3,3456 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,99444 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (3) persepsi kemanfaatan penggunaan Google Classroom memiliki pengaruh parsial pada motivasi belajar yang terlihat dari nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 4,743 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,99444 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (4) persepsi kemanfaatan penggunaan Google Classroom memiliki pengaruh parsial pada kemandirian belajar yang terlihat dari nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔  5,319  >  𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,99444 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. (5) persepsi kemudahan penggunaan serta persepsi kemanfaatan penggunaan berpengaruh simultan pada motivasi belajar dibuktikan dengan nilai fℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 14,125 > f𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ­ 3,13 dengan nilai signifikansi 0,000. (6) persepsi kemudahan penggunaan serta persepsi kemanfaatan penggunaan berpengaruh secara simultan pada kemandirian belajar dibuktikan dengan nilai fℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 14,872 > f𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ­ 3,13 dengan nilai signifikansi 0,000.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8436
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com