Record Details

Analisis Perbandingan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Edmodo dan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Interaksi Guru dan Siswa pada Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X pada Jurusan Teknik Komputer dan Informasi (S

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Perbandingan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Edmodo dan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Interaksi Guru dan Siswa pada Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X pada Jurusan Teknik Komputer dan Informasi (S
 
Added Entry - Uncontrolled Name Wijaya, Raka Wisnu
Wijoyo, Satrio Hadi
Herlambang, Admaja Dwi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Dengan teknologi berjalan dan berkembang setiap zaman terutama di dunia pendidikan membantu seorang pengajar dan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan di kelas maupun diluar kelas. Namun terdapat permasalahan pada siswa SMKN 5 Malang pada saat pelaksaan pembelajaran yang dilakukan dengan ceramah oleh guru pada jurusan Teknik Komputer dan Informasi di SMKN 5 Malang yang membuat siswa lalai dalam memperhatikan guru didepan saat menerangkan materi pembelajaran. Dalam penelitian ini mendorong guru untuk menggunakan media pembelajaran Edmodo dan Google Classroom dengan banyaknya siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Informasi berjumlah 67 yaitu X TKI-3 dan X TKI-5, pengambilan data berupa Pre-test dan Post-test yaitu dengan membandingkan media Edmodo  dan Google Classroom dan kuesioner berupa pertanyaan interaksi guru dan siswa pada saat diberikan perlakuan. Wawancara adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan data pada guru mata pelajaran SMKN 5 Malang. Penelitian ini yaitu membandingkan media Edmodo dan Google Classroom dengan model pembelajaran Problem Based Leanring. Jenis penelitian quasi exsperimental desain non-equivalent control group digunakan penelitian ini. Pada  pengujian hipotesis, peneliti mendapatkan perbedaan antara Edmodo dan Google Classroom dengan model pembelajaran problem based learning yaitu hasil belajar siswa kelas X TKI-5 yang menggunakan Edmodo lebih tinggi dari siswa kelas X TKI-3 yang menggunakan Google Classroom berdasarkan uji mann-whitney test.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9149
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com