Analisis Perbandingan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Edmodo dan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Interaksi Guru dan Siswa pada Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X pada Jurusan Teknik Komputer dan Informasi (S
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Perbandingan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Edmodo dan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Interaksi Guru dan Siswa pada Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X pada Jurusan Teknik Komputer dan Informasi (S |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Wijaya, Raka Wisnu Wijoyo, Satrio Hadi Herlambang, Admaja Dwi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Dengan teknologi berjalan dan berkembang setiap zaman terutama di dunia pendidikan membantu seorang pengajar dan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan di kelas maupun diluar kelas. Namun terdapat permasalahan pada siswa SMKN 5 Malang pada saat pelaksaan pembelajaran yang dilakukan dengan ceramah oleh guru pada jurusan Teknik Komputer dan Informasi di SMKN 5 Malang yang membuat siswa lalai dalam memperhatikan guru didepan saat menerangkan materi pembelajaran. Dalam penelitian ini mendorong guru untuk menggunakan media pembelajaran Edmodo dan Google Classroom dengan banyaknya siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Informasi berjumlah 67 yaitu X TKI-3 dan X TKI-5, pengambilan data berupa Pre-test dan Post-test yaitu dengan membandingkan media Edmodo dan Google Classroom dan kuesioner berupa pertanyaan interaksi guru dan siswa pada saat diberikan perlakuan. Wawancara adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan data pada guru mata pelajaran SMKN 5 Malang. Penelitian ini yaitu membandingkan media Edmodo dan Google Classroom dengan model pembelajaran Problem Based Leanring. Jenis penelitian quasi exsperimental desain non-equivalent control group digunakan penelitian ini. Pada pengujian hipotesis, peneliti mendapatkan perbedaan antara Edmodo dan Google Classroom dengan model pembelajaran problem based learning yaitu hasil belajar siswa kelas X TKI-5 yang menggunakan Edmodo lebih tinggi dari siswa kelas X TKI-3 yang menggunakan Google Classroom berdasarkan uji mann-whitney test.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9149 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|