Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) (Studi Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Batu)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) (Studi Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Batu) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Hakim, Hisam Rahman Rachmadi, Aditya Rusydi, Alfi Nur Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu merupakan suatu instansi yang memiliki tugas dan fungsi utama menyelenggarakan pelayanan publik di bidang kepustakaan dan kearsipan di wilayah Kota Batu. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi dalam proses bisnis yang dijalankan khususnya pada Layanan Perpustakaan seperti mendapatkan komplain dari pengunjung perpustakaan, tidak terpenuhinya permintaan pengunjung dan hilangnya beberapa koleksi bahan baca. Dikarenakan hal tersebut maka perlu evaluasi proses bisnis untuk mengetahui lebih dalam terkait permasalahan dan mencari solusinya. Langkah awal yang dilakukan adalah mengidentifikasi proses bisnis yang sedang berjalan menggunakan “Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Intansi Pemerintah†sebagai pedoman dalam melakukan identifikasi. Selanjutnya memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN). Tahapan berikutnya menganalisis proses bisnis menggunakan metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) untuk memperoleh potensi permasalahan dengan nilai RPN tertinggi kemudian merumuskan rekomendasi solusi. Hasil perumusan rekomendasi solusi permasalahan berupa empat jenis sistem informasi ataupun infrastruktur IT yaitu Sistem Informasi Inventaris, Kalender Dinas Online yang terintegrasi, Sistem Informasi Surat, Digital Signature dengan manfaat bisnis SI/TI yang dapat memenuhi prinsip Responsiveness, Effectiveness and efficiency, Accountability and Transparency pada Good Governance.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8847 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 4 (2021): April 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|