Penyusunan Standard Operating Procedure untuk Incident Management dan Problem Management Aset Digital Pada Perusahaan XYZ Berdasarkan Pedoman Information Technology Infrastructure Library
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Penyusunan Standard Operating Procedure untuk Incident Management dan Problem Management Aset Digital Pada Perusahaan XYZ Berdasarkan Pedoman Information Technology Infrastructure Library |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Rahmasari, Nadya Herlambang, Admaja Dwi Soebroto, Arief Andy Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Perusahaan XYZ adalah perusahaan yang bergerak pada pengolahan sumber daya air nasional. Perusahaan XYZ memiliki RITI atau Rencana Induk Teknologi Informasi yang telah mencakup secara keseluruhan pengelolaan TI, termasuk pengelolaan Arsip Digital yang biasa disebut Aset Digital. Dalam penelitian ini telah dipilih ITIL sebagai pedoman yang akan digunakan. Peneliti akan berfokus pada domain Incident Management dan Problem Management. Dalam melakukan penggalian data, akan dilakukan metode wawancara dan observasi. Narasumber yang akan diwawancarai didapat dari pemetaan RACI Chart. Data yang didapatkan akan dianalisis menggunakan analisis keadaan saat ini dan keadaan ideal yang kemudian dilanjutkan dengan analisis kesenjangan. Dari hasil analisis kesenjangan akan didapatkan solusi untuk perusahaan. Solusi yang ditemukan adalah output yang dihasilkan dari penelitian ini berbentuk rancangan Standard Operating Procedure dimana akan disusun berdasarkan kegiatan-kegiatan yang terdapat pada Pedoman ITIL Domain Incident Management dan Problem Management. Penyusunan SOP akan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No. 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan. Penelitian ini menghasilkan SOP sesuai dengan masing-masing domain. Domain Incident Management menghasilkan 3 Rangkaian SOP, 16 kegiatan dan 2 Formulir pendunkung. Sedangkan, domain Problem Management menghasilkan 4 Rangkaian SOP, 19 kegiatan, dan 3 Formulir pendukung.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7249 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 5 (2020): Mei 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|