Record Details

Penyusunan Standard Operating Procedure untuk Incident Management dan Problem Management Aset Digital Pada Perusahaan XYZ Berdasarkan Pedoman Information Technology Infrastructure Library

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Penyusunan Standard Operating Procedure untuk Incident Management dan Problem Management Aset Digital Pada Perusahaan XYZ Berdasarkan Pedoman Information Technology Infrastructure Library
 
Added Entry - Uncontrolled Name Rahmasari, Nadya
Herlambang, Admaja Dwi
Soebroto, Arief Andy
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Perusahaan XYZ adalah perusahaan yang bergerak pada pengolahan sumber daya air nasional. Perusahaan XYZ memiliki RITI atau Rencana Induk Teknologi Informasi yang telah mencakup secara keseluruhan pengelolaan TI, termasuk pengelolaan Arsip Digital yang biasa disebut Aset Digital. Dalam penelitian ini telah dipilih ITIL sebagai pedoman yang akan digunakan. Peneliti akan berfokus pada domain Incident Management dan Problem Management. Dalam melakukan penggalian data, akan dilakukan metode wawancara dan observasi. Narasumber yang akan diwawancarai didapat dari pemetaan RACI Chart. Data yang didapatkan akan dianalisis menggunakan analisis keadaan saat ini dan keadaan ideal yang kemudian dilanjutkan dengan analisis kesenjangan. Dari hasil analisis kesenjangan akan didapatkan solusi untuk perusahaan. Solusi yang ditemukan adalah output yang dihasilkan dari penelitian ini berbentuk rancangan Standard Operating Procedure dimana akan disusun berdasarkan kegiatan-kegiatan yang terdapat pada Pedoman ITIL Domain Incident Management dan Problem Management. Penyusunan SOP akan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No. 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan. Penelitian ini menghasilkan SOP sesuai dengan masing-masing domain. Domain Incident Management menghasilkan 3 Rangkaian SOP, 16 kegiatan dan 2 Formulir pendunkung. Sedangkan, domain Problem Management menghasilkan 4 Rangkaian SOP, 19 kegiatan, dan 3 Formulir pendukung.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7249
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 5 (2020): Mei 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com