Record Details

Evaluasi Usability Aplikasi Golife berbasis Android dari Perspektif Pengguna dengan menggunakan Metode Use Questionnaire dan Pendekatan Human-Centered Design

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi Usability Aplikasi Golife berbasis Android dari Perspektif Pengguna dengan menggunakan Metode Use Questionnaire dan Pendekatan Human-Centered Design
 
Added Entry - Uncontrolled Name Satyoko, Arinto Bagas
Putra, Widhy Hayuhardhika Nugraha
Priharsari, Diah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. PT. APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (Gojek Indonesia) dengan salah satu produk yang dimiliki adalah aplikasi layanan jasa profesional Golife. Beberapa layanan seperti seperti GoMassage dan GoClean sangat diminati pengguna namun terdapat permasalahan usability diantaranya berkaitan dengan antarmuka seperti tulisan yang terlalu kecil hingga ukuran tombol tidak proporsional. Penelitian lebih lanjut dilakukan dengan metode USE Questionnaire dan pendekatan Human-Centered Design, dimana penggunaan kuesioner diperlukan untuk mengukur empat aspek usability yakni usefulness, ease of use, ease of learn, serta satisfaction. Lalu pendekatan Human-Centered Design yang diperlukan untuk mengidentifikasi pengguna dan membagi menjadi dua kelompok pengguna dan melakukan wawancara dengan pertanyaan terbuka yang ditanyakan untuk menghimpun permasalahan yang dihadapi pengguna dalam mengoperasikan aplikasi Golife. Dari hasil wawancara yang dihimpun, dapat ditemukan sejumlah 12 permasalahan usability yang dihadapi pengguna yang utamanya berupa permasalahan ukuran tulisan, kurangnya ikon dan deskripsi, inkonsistensi tampilan, dan permasalahan yang berkaitan dengan interaksi tombol, untuk selanjutnya dilakukan perbaikan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Rekomendasi perbaikan usability aplikasi Golife menghasilkan sebuah tampilan baru dengan tujuan meningkatkan nilai usability. Nilai dari hasil usability sebelumnya hanya bernilai 53,08% menjadi 85,19% dengan peningkatan signifikan diperoleh dari kelompok pengguna berumur diatas 40 tahun dari 45,69% (kategori cukup tidak baik), menjadi 89,60% (kategori sangat baik).
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7725
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 8 (2020): Agustus 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com