Evaluasi Usability Aplikasi Golife berbasis Android dari Perspektif Pengguna dengan menggunakan Metode Use Questionnaire dan Pendekatan Human-Centered Design
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Usability Aplikasi Golife berbasis Android dari Perspektif Pengguna dengan menggunakan Metode Use Questionnaire dan Pendekatan Human-Centered Design |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Satyoko, Arinto Bagas Putra, Widhy Hayuhardhika Nugraha Priharsari, Diah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
PT. APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (Gojek Indonesia) dengan salah satu produk yang dimiliki adalah aplikasi layanan jasa profesional Golife. Beberapa layanan seperti seperti GoMassage dan GoClean sangat diminati pengguna namun terdapat permasalahan usability diantaranya berkaitan dengan antarmuka seperti tulisan yang terlalu kecil hingga ukuran tombol tidak proporsional. Penelitian lebih lanjut dilakukan dengan metode USE Questionnaire dan pendekatan Human-Centered Design, dimana penggunaan kuesioner diperlukan untuk mengukur empat aspek usability yakni usefulness, ease of use, ease of learn, serta satisfaction. Lalu pendekatan Human-Centered Design yang diperlukan untuk mengidentifikasi pengguna dan membagi menjadi dua kelompok pengguna dan melakukan wawancara dengan pertanyaan terbuka yang ditanyakan untuk menghimpun permasalahan yang dihadapi pengguna dalam mengoperasikan aplikasi Golife. Dari hasil wawancara yang dihimpun, dapat ditemukan sejumlah 12 permasalahan usability yang dihadapi pengguna yang utamanya berupa permasalahan ukuran tulisan, kurangnya ikon dan deskripsi, inkonsistensi tampilan, dan permasalahan yang berkaitan dengan interaksi tombol, untuk selanjutnya dilakukan perbaikan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Rekomendasi perbaikan usability aplikasi Golife menghasilkan sebuah tampilan baru dengan tujuan meningkatkan nilai usability. Nilai dari hasil usability sebelumnya hanya bernilai 53,08% menjadi 85,19% dengan peningkatan signifikan diperoleh dari kelompok pengguna berumur diatas 40 tahun dari 45,69% (kategori cukup tidak baik), menjadi 89,60% (kategori sangat baik).
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7725 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 8 (2020): Agustus 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|