Perancangan User Experience dan Gamifikasi Pada Aplikasi Pembelajaran Online Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Octalysis Framework
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience dan Gamifikasi Pada Aplikasi Pembelajaran Online Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Octalysis Framework |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Azis, Vivian Dzikriany Tolle, Herman Herlambang, Admaja Dwi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Fleksibilitas dari kegiatan belajar mengajar menjadi salah satu kebutuhan mahasiswa dan tenaga pendidik di era teknologi yang telah berkembang pesat. Pembelajaran mandiri secara mobile diharapkan dapat menunjang aktivitas pembelajaran di perkuliahan terutama untuk mahasiswa yang berkuliah di Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Belum tersedianya platform khusus yang memadai untuk pembelajaran online menjadi permasalahan utama di Jurusan ini. Oleh karena itu, diperlukan solusi dan inovasi baru terhadap pembuatan aplikasi pembelajaran online menggunakan konsep MOOC. Perancangan user experience yang dilakukan juga memiliki penambahan elemen gamifikasi agar dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik sekaligus dapat meningkatkan motivasi siswa. Penambahan elemen gamifikasi perlu dimulai dengan pengidentifikasian profil pengguna menggunakan Octalysis Framework. Desain akan dibuat dalam bentuk prototype high-fidelity dengan mengadaptasi proses dari Human-centered Design (HCD). Hasil evaluasi dengan menggunakan Technique for User Experience Evaluation in e-Learning (TUXEL) menghasilkan 14 permasalahan pada Usability Inspection dengan kategori Login, General Interface, dan Assignments. Pada Pedagogical Usability ditemukan 8 permasalahan dengan kategori Help & Documentation, LMS Learnability, Learning Through The LMS, dan LMS Flexibility. Pada User Experience Evaluation menunjukkan bahwa aplikasi unggul dengan nilai positif dalam dimensi menyenangkan, mendukung, praktis, kreatif, memotivasi, dan nilai normal dalam dimensi kemudahan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8251 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 11 (2020): November 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|