Pengukuran Kualitas Website E-Learning MAN Sidoarjo menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengukuran Kualitas Website E-Learning MAN Sidoarjo menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Irawan, Delfitri Nanda Hanggara, Buce Trias Perdanakusuma, Andi Reza Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
MAN Sidoarjo merupakan satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sidoarjo yang memanfaatkan website e-learning sebagai media untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara daring demi mensukseskan kegiatan belajar siswanya meskipun dari rumah. Sebagai satu-satunya madrasah aliyah negeri di Sidoarjo, maka penting untuk menjaga kualitas layanan pendidikan yang berkualitas sebagai bentuk pengawasan penjaminan mutu pendidikan sehingga diperlukan adanya evaluasi atau pengukuran terhadap layanan yang sampai saat ini belum pernah dilaksanakan. Terdapat beberapa keluhan yang disampaikan oleh siswa terkait website e-learning seperti tampilan yang kurang menarik, pemberian informasi kurang up to date, hingga tata letak informasi yang membingungkan pengguna. Keluhan-keluhan yang telah disampaikan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai kualitas layanan website e-learning. Kualitas layanan website e-learning diukur menggunakan Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA). Webqual 4.0 dapat digunakan untuk mengetahui apakah kualitas dari kinerja website saat ini telah memenuhi harapan dari pengguna yang didasari oleh tiga dimensi Webqual 4.0 diantaranya dimensi usability, information quality, dan service interaction quality. Kemudian metode Importance and Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui prioritas perbaikan pada atribut dan dimensi mana saja yang menjadi fokus utama untuk dilakukannya perbaikan. Hasil pengukuran dari 102 orang responden didapatkan bahwa 5 atribut pernyataan yang termasuk ke dalam tingkat prioritas perbaikan utama yaitu interaksi yang jelas dan mudah dipahami, mudah dinavigasikan, memiliki tampilan yang atraktif dan menarik, pemberian informasi yang cukup detail, dan informasi tata letak yang sesuai. Kemudian terdapat 5 atribut pernyataan yang termasuk ke dalam tingkat prioritas rendah yaitu informasi yang disediakan dapat menambah pengetahuan, tata letak informasi yang tersusun dengan tepat, informasi yang up to date, kemudahan untuk menarik perhatian siswa dan berkomunikasi dengan guru. Untuk atribut-atribut lainnya sudah memiliki tingkat kinerja yang baik hingga memiliki kualitas yang berlebihan sehingga cukup untuk mempertahankan pelayanan kualitas yang diberikan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10664 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 2 (2022): Februari 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|