Evaluasi Usability Pada Aplikasi Learn C++ Menggunakan Metode Usabilty Testing Studi Kasus SMKN 3 Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Usability Pada Aplikasi Learn C++ Menggunakan Metode Usabilty Testing Studi Kasus SMKN 3 Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Asprila, Dimas Anugerah Wijoyo, Satrio Hadi Az-Zahra, Hanifah Muslimah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Aplikasi android merupakan salah satu pendukung aplikasi pendidikan digital saat ini. Menurut hasil wawancara langsung yang dilakukan oleh peneliti terhadap salah satu guru Teknik Komputer Jaringan di SMKN 3 Malang dapat disimpulkan bahwa kurangnya fasilitas media pembelajaran komputer dan terbatasnya murid yang memiliki laptop menjadi masalah ketika guru mengajar pelajaran pemrograman dasar. Untuk mengatasi permasalahan ketika proses pembelajaran berlangsung Learn C++ merupakan aplikasi solusi dari guru, untuk mempelajari pemrograman dan penulisan code. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui level usability Learn C++ dan melakukan rekomendasi perbaikan dari pengguna. Metode yang digunakan Usability testing menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS). Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan 7 permasalahan, dan memberikan 7 rekomendasi solusi perbaikan, kesimpulan yang didapat meningkatkan nilai parameter efficiency, effectiveness, dan satisfaction. Dimana pada antarmuka lama tingkat efektifitas sebesar 90,4% lalu pada antarmuka baru naik menjadi 100%. Tingkat efisiensi nilai mean number of touch pada evaluasi pertama mendapatkan nilai sebesar 3.7 sedangkan pada evaluasi kedua mendapatkan nilai sebesar 3.02, maka oleh itu, dapat dilihat terjadinya penurunan sebesar 0.68 yang berarti rekomendasi perbaikan antarmuka yang diberikan memberi efisiensi aplikasi yang lebih baik. Pada satisfaction yang diperoleh melalui evaluasi pertama mendapatkan nilai sebesar 67%, sedangkan pada evaluasi kedua mendapatkan nilai sebesar 76%. Mengalami kenaikan nilai sebesar 18% yang artinya responden lebih puas dengan rekomendasi perbaikan antarmuka yang diberikan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9392 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|