Perancangan User Experience Aplikasi Booking Servis Mobil Menggunakan Metode Human-Centered Design
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Booking Servis Mobil Menggunakan Metode Human-Centered Design |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Rosie, Debie Shabastian Az-Zahra, Hanifah Muslimah Rusydi, Alfi Nur Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pelanggan bengkel mobil Langgeng Motor memiliki mobilitas yang tinggi namun tidak memiliki cukup informasi tentang kapasitas bengkel yang membuat pelanggan tidak pasti memperoleh jasa servis mobil dan menyebabkan bengkel mendapatkan ulasan yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Experience Langgeng App sebagai solusi yang memiliki nilai usability dan user experience yang baik. Pendekatan Human-Centered Design digunakan dengan memperhatikan elemen User Experience. Dimulai dari analisis konteks pengguna, analisis kebutuhan pengguna, dan pembuatan desain solusi. Evaluasi desain menggunakan Usability Testing menghasilkan nilai efektivitas sebesar 96.9% untuk kelompok pengguna pelanggan dan 97.5% untuk kelompok pengguna pegawai bengkel dan masuk kategori baik atau di atas 78% dan nilai efisiensi sebesar 90.7% untuk pelanggan dan 90.83% untuk pegawai bengkel. Kepuasan pelanggan bernilai positif atau di atas 0.8 yang diketahui dari aspek Hedonic Quality UEQ. User Experience Questionnaire diberikan setelah pengujian dan memperoleh kategori “Good†pada aspek Perspicuity dan Efficiency untuk kelompok pengguna pelanggan, dan kategori “Good†pada aspek Efficiency dan kategori “Above Average†pada aspek Perspicuity untuk pegawai bengkel. Kategori “Excellent†pada aspek Attractiveness, Dependability, Stimulation, dan Novelty ada pada kedua kelompok pengguna, Dengan demikian, solusi desain mempunyai nilai positif dari segi User Experience dan Usability.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8865 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 4 (2021): April 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|