Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Virtual Hotel Operator di Kota Malang menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi RedDoorz dan OYO)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Virtual Hotel Operator di Kota Malang menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi RedDoorz dan OYO) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ananda, Azrul Prakoso, Bondan Sapta Herlambang, Admaja Dwi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Di era sekarang, teknologi bisa dijadikan sebagai sarana apa saja seperti sebagai sarana untuk industri perhotelan. Sharing economy business model adalah teknologi yang cocok untuk dunia perhotelan atau penginapan, seperti Virtual Hotel Operator (VHO). RedDoorz dan OYO merupakan dua aplikasi VHO yang paling dominan dan saling bersaing ketat satu sama lain di Indonesia. Peneliti melakukan ulasan di Play Store maupun App Store peneliti menemukan beberapa masalah yang dilontarkan pengguna terhadapa kedua aplikasi tersebut. Peneliti ingin melakukan perbandingan pada kedua VHO tersebut. Dilakukan analisis menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang nantinya akan mengetahui pengalaman pengguna setelah memakai aplikasi dan akan menentukan mana yang lebih nyaman digunakan oleh user dari kedua VHO tersebut. Untuk menafsirkan hasil dari atribut UEQ dilakukan analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang berguna untuk mengukur kepuasan pelanggan dan menyajikannya secara grafis sehingga rekomendasi tindakan dapat dibuat. Data dianalisis dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil dari analisis pengalaman pengguna yang didapatkan dari 30 responden menggunakan UEQ pengalaman pengguna pada aplikasi OYO lebih unggul daripada RedDoorz dari semua aspek penilaian. Hasil dari analisis IPA terdapat 1 skala pada pada kuadran I dan II untuk masing-masing aplikasi, pada kuadran III terdapat 1 skala pada aplikasi RedDoorz dan 2 skala pada aplikasi OYO, pada kuadran IV terdapat 3 skala pada aplikasi RedDoorz dan 2 skala pada aplikasi OYO.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10316 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 12 (2021): Desember 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|