Record Details

Analisis User Experience pada Aplikasi Perangkat Bergerak Kwikku dengan User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis User Experience pada Aplikasi Perangkat Bergerak Kwikku dengan User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation
 
Added Entry - Uncontrolled Name Hasyim, Wahid
Aknuranda, Ismiarta
Rahmadan, Khalid
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Kwikku merupakan sebuah platform untuk Generasi Z yang mengolaborasikan antara pembaca dan content creator sehingga para pengguna Kwikku dapat menikmati berbagai konten yang menarik dan berkualitas mulai dari novel, webtoon dan artikel. Kwikku juga dilengkapi dengan fitur media sosial yang bisa mendukung para content creator untuk berkomunikasi langsung dengan pembaca dan mempromosikan karya mereka. Berdasarkan wawancara singkat, ulasan pada playstore, dan observasi ditemukan beberapa permasalahan yang dapat mengurangi nilai user experience pada aplikasi perangkat bergerak Kwikku. Untuk mengetahui tingkat user experience pada aplikasi perangkat bergerak Kwikku dan memahami permasalahan-permasalahan yang ada secara mendalam maka dilakukanlah pengambilan data dan analisis menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE).Setelah dilakukan analisis, selanjutnya juga dilakukan proses pembuatan rekomendasi desain perbaikan berdasarkan rekomendasi yang telah didapatkan dari evaluator. Berdasarkan hasil analisis user experience pada desain lama dihasilkan bahwasanya level user experience pada aplikasi perangkat bergerak Kwikku memiliki nilai yang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil benchmark pada UEQ dengan kategori above average, good dan excellent dengan rata-rata masing-masing skala yaitu 1.55 (Daya Tarik), 1.83 (Kejelasan), 1.58 (Efisiensi), 1.39 (Ketepatan), 1.95 (Stimulasi), dan 1.65 (Kebaruan). Untuk hasil evaluasi menggunakan HE, evaluator yang terlibat menemukan 25 total permasalahan terkait usability dan user experience dan diberikan pula rekomendasi perbaikan untuk masing-masing permasalahan. Desain perbaikan yang telah dibuat berdasarkan rekomendasi perbaikan yang diberikan oleh evaluator kembali dilakukan pengukuran user experience menggunakan UEQ. Dari hasil pengukuran user experience desain perbaikan tersebut didapatkan peningkatan level user experience yang ditunjukan oleh hasil benchmark UEQ yang menunjukan seluruh skala pada UEQ masuk pada kategori excellent.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10407
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 1 (2022): Januari 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com