Pengembangan Rancangan Aplikasi Mobile Bisnis Crowdsourcing (Studi Kasus : "PT. Sinergi Ketahanan Pangan")
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Rancangan Aplikasi Mobile Bisnis Crowdsourcing (Studi Kasus : "PT. Sinergi Ketahanan Pangan") |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Novrian, Muhammad Vionda Priharsari, Diah Kariyoto, Kariyoto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
PT. Sinergi Ketahanan Pangan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri peternakan ayam yang menjalankan sistem investasi berupa crowdfunding dengan salah satu produknya yang bernama Chick-In. saat ini, PT. Sinergi Ketahanan Pangan menggunakan media website untuk melakukan investasi crowdfunding. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan aplikasi crowdfunding berbasis mobile. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi yaitu menggunakan metode Prototyping. Pada tahap awal, peneliti melakukan pengumpulan data sehingga yang didapatkan nantinya yaitu berupa karakteristik pengguna, tujuan pengguna, dan task scenarios melalui proses wawancara yang nantinya akan dirangkum menjadi user story. Selanjutnya, hasil pengumpulan data tersebut dilakukan analisis dan mendapatkan beberapa hasil terkait user story, target market, user persona, kebutuhan functional dan non-functional aplikasi. Tahap selanjutnya, beberapa hasil analisis tersebut digunakan sebagai landasan dalam merancang aplikasi. Perancangan aplikasi menghasilkan use case diagram, class diagram, sequence diagram, dan proses bisnis. Selanjutnya, beberapa hasil perancangan tersebut digunakan untuk melakukan prototyping, dengan membuat low-fidelity prototype dan high-fidelity prototype menggunakan aplikasi bernama Figma. Hasil dari prototype tersebut dievaluasi menggunakan metode Task Scenario dan System Usability Scale (SUS) menggunakan 5 responden. Kuesioner disebarkan menggunakan media Google Form. Hasil pengujian Task Scenario didapatkan 6 permasalahan yang terdapat pada responden 1, responden 3, dan responden 4. Hasil pengujian SUS, R1 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 90, R2 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 75, R3 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 78, R4 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 83,dan R5 memiliki jumlah skor yang didapatkan yaitu 75. Maka total skor rata-rata yang didapatkan yaitu sebesar 80. Angka ini mengindikasikan bahwa aplikasi dikategorikan sebagai acceptable, grade scale B, dan rating excellent. Artinya bahwa aplikasi dapat dikatakan baik atau dapat digunakan oleh pengguna akhir.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9631 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|