Perancangan User Experience Aplikasi Portal Smart City Kota Malang dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Portal Smart City Kota Malang dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Fitra, Lina Tolle, Herman Az-Zahra, Hanifah Muslimah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap keberadaan layanan online pemerintah salah satunya disebabkan oleh masih tersebarnya layanan online pada platform yang berbeda satu sama lain. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, aplikasi dipandang sebagai solusi yang dapat mewadahi berbagai layanan pemerintah sehingga mudah diakses oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengalaman pengguna yang baik menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) sehingga dapat membantu masyarakat dalam menggunakan layanan pemerintah. Pada tahap analisis konteks penggunaan dilakukan wawancara dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang sebagai stakeholder. Tahapan kedua, analisis kebutuhan pengguna, dilakukan dengan menganalisis hasil wawancara dengan stakeholder dan pengguna sehingga didapat luaran berupa kebutuhan konten. Tahapan ketiga, pembuatan desain solusi, dilakukan dengan mengimplementasikan hasil analisis ke dalam rancangan desain solusi berupa story board, user flow, information architecture, wireframe, screenflow, mockup, dan prototype. Tahapan terakhir, evaluasi desain solusi, dilakukan melalui usability testing dengan melibatkan lima pengguna pada tiga kali iterasi. Hasil evaluasi pada aspek effectiveness diukur melalui completion rate menunjukkan angka keberhasilan yang stabil yaitu 100%. Aspek efficiency diukur melalui perhitungan time-based efficiency sehingga didapatkan hasil akhir 0.0189goals/sec. Aspek satisfaction diukur menggunakan single ease question menunjukkan nilai akhir yang didapat yaitu 6. Melalui usability testing juga ditemukan masalah-masalah pada desain solusi yang kemudian diperbaiki pada setiap iterasi.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8648 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|