Analisis Perbandingan Evaluasi Usability Menggunakan Metode Berbasis Pengguna dan Expert pada Aplikasi Mobile Gapura UB
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Perbandingan Evaluasi Usability Menggunakan Metode Berbasis Pengguna dan Expert pada Aplikasi Mobile Gapura UB |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Hayat, Sabda Norman Ramdani, Fatwa Priharsari, Diah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Gapura UB adalah aplikasi mobile portal akademik untuk mengakses informasi dan layanan akademik yang ada di lingkungan kampus Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil wawancara kepada pihak pengembang, menyatakan bahwa aplikasi belum pernah dilakukan evaluasi usability dengan melakukan pengujian usability kepada penggunanya maupun dilakukan pemeriksaan oleh expert. Padahal evaluasi usability menjadi elemen penting yang memungkinkan untuk menambah wawasan terkait permasalahan usability pada aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan usability aplikasi tersebut dan membandingkan efektivitas empat metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini: usability testing, wawancara, survei, dan heuristic evaluation. Data dikumpulkan dari pengguna dengan kategori mahasiswa dan evaluator expert. Rincian jumlah responden yang digunakan yaitu usability testing (N = 10), wawancara (N = 10), survei (N = 110), dan heuristic evaluation (N = 3). Empat metode bersama-sama mengidentifikasi total 44 permasalahan usability: 45% melalui heuristic evaluation, 24% melalui survei, 17% melalui wawancara dan 14% dari usability testing, dengan sedikit penemuan yang sama. Permasalahan-permasalahan tersebut kemudian dikategorikan menggunakan Usability Taxonomy Problem (UPT) yang membagi masalah kedalam 5 kategori dengan rincian 17 kategori visualness, 6 kategori language, 3 kategori manipulation, 11 kategori task-mapping dan 7 lainnya termasuk kategori task-facilitation. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa empat metode tersebut saling melengkapi, masing-masing metode memberikan wawasan unik untuk peningkatan usability antarmuka pengguna aplikasi. Peneliti merekomendasikan menggunakan pendekatan multi-metode ketika mengevaluasi usability aplikasi karena dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif terkait permasalahan usability.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7982 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|