Record Details

Perbaikan User Experience Aplikasi Pertanian "Teman Tani Pintar" dengan menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus BBPP Ketindan)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perbaikan User Experience Aplikasi Pertanian "Teman Tani Pintar" dengan menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus BBPP Ketindan)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Rahmania, Fauziyah Nur
Az-Zahra, Hanifah Muslimah
Fanani, Lutfi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Teman Tani Pintar adalah aplikasi pertanian yang dikembangkan oleh BBPP Ketindan. Aplikasi ini berfungsi sebagai media sharing pembuatan suatu produk pertanian yang telah dihasilkan balai kepada masyarakat luas terutama untuk petani. Teman Tani Pintar terbilang aplikasi yang baru dan belum pernah dilakukan evaluasi terkait usability ataupun user experience sebelumnya sehingga pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi dan perbaikan dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design. Dalam penelitian ini evaluasi dilakukan dengan usability testing, observasi, dan wawancara kepada 9 responden. Usability testing berguna mengukur efektifitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna dengan menggunakan System Usability Scale. Hasil evaluasi awal menunjukan masih banyak masalah yang dialami oleh pengguna seperti desain yang monoton, kurangnya informasi dibagian awal, roomchat tidak seperti pada umunya, dan masalah-masalah lainnya. Hasil completion evaluasi desain awal terdapat responden yang complete ratenya 88,88%, untuk error terdapat reponden yang memiliki error rate 11,11%, rata-rata total pengerjaan tugas atau time 94,78 detik dan tingkat kepuasan pengguna berada pada nilai 63,3 atau poor. Setelah dilakukan perbaikan, desain solusi dievaluasi lagi kepada responden hasilnya complete rate semua responden 100%, untuk error rate 0% semua responden, rata-rata total pengerjaan tugas menjadi 60,63 detik, dan kepuasan pengguna meningkat menjadi 83,61 yang berarti excellent.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7377
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 6 (2020): Juni 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com