Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Proyek Palapa Ring (PARING) Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Proyek Palapa Ring (PARING) Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Nugraha, Anggara Cahya Hanggara, Buce Trias Setiawan, Nanang Yudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan lembaga dibawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informatika yang berfungsi melakukan pengelolaan pembiayaan dan penyediaan telekomunikasi di Indonesia. BAKTI memiliki program kerja utama untuk membangun infrastruktur telekomunikasi di Indonesia terutama daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Salah satu program kerja utama BAKTI adalah Proyek Palapa Ring (PARING). Dalam pelaksanaan proyek PARING, permasalahan yang sering ditemukan yaitu miskomunikasi antar stakeholder yang terlibat, belum adanya alur proses bisnis yang baku dan hanya menggunakan sistem perintah, selain itu permasalahan lainnya yang dapat ditemukan saat pelaksanaan analisis dan evaluasi pada proses bisnis yang ada. Maka dari itu diperlukan analisa dalam evaluasi dan perbaikan proses bisnis untuk menemukan permasalahan dan memaksimalkan proses bisnis yang berjalan. Pada penelitian ini pemodelan proses binis dilakukan dengan Business Process Modelling and Notation (BPMN), selanjutnya dilakukan evaluasi aktivitas pada proses bisnis dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan dilakukan rekomendasi perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) menggunakan tools streamlining. Selanjutnya dilakukan simulasi dan didapatkan durasi penyelesaian proses bisnis yang lebih lambat dari proses bisnis as-is sampai 4,5% pada proses Open Tender, selanjutnya durasi penyelesaian proses bisnis yang lebih cepat dari proses bisnis as-is sampai 0,88% pada proses Pembangunan Telekomunikasi PARING dan 1,058% pada proses Restorasi-Maintenance
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7032 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|