Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Dompet Digital (Studi Kasus Pada OVO dan DANA)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Dompet Digital (Studi Kasus Pada OVO dan DANA) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Hidayat, Ahmad Nur Hanggara, Buce Trias Prakoso, Bonda Sapta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pengguna telepon pintar di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya sehingga banyak perusahaan pengembang aplikasi menciptakan layanan pembayaran non tunai berbasis aplikasi guna memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran non tunai. Banyaknya aplikasi dompet digital yang bermunculan, diantaranya yaitu aplikasi ovo dan dana. Tujuan didalam penelitian ini adalah untuk membandingkan 2 aplikasi dompet digital yang mempunyai proses bisnis maupun karakteristik yang hampir sama dalam pengalaman penggunaan kedua aplikasi dompet digital tersebut. Penelitian ini memberikan perbandingan dari analisis pengalaman pengguna berdasarkan pengujian skenario dengan parameter time per completed task, error during task performance, number of clicks during task completion dan task success rate serta parameter user experiance questionnaire (UEQ) yang memiIiki enam aspek penilaian antara lain attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation serta novelty. Pengujian skenario dilakukan terhadap 10 responden yang sebelumnya tidak pernah menggunakan kedua aplikasi tersebut dan kuesioner UEQ dibagikan kepada 20 responden. Hasil dari pengujian tugas atau skenario menunjukan keberhasilan yang dilakukan oleh responden yang cukup tinggi meskipun responden sebelumnya belum pernah menggunakan kedua aplikasi tersebut. aplikasi dana memiliki nilai lebih tinggi didalam dua parameter yaitu parameter error during task performance dan number of clicks during task completion dan aplikasi ovo lebih baik di parameter time per completed task dan aspek parameter task success rate kedua aplikasi memiliki nilai yang sama baiknya. Hasil dari kuesioner UEQ menunjukan bahwa responden memiliki kesan yang cenderung positif kepada kedua aplikasi dompet digital yang dimana aplikasi dana memiliki nilai lebih baik dalam empat aspek skala pengukuran yaitu attractiveness, perspicuity, dependability dan novelty. Sedangkan aplikasi ovo memiliki nilai lebih baik pada aspek efficiency dan stimulation.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9215 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|