Faktor Pengaruh Interaksi Aktif dalam Komunitas Online yang Disponsori Merek
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Faktor Pengaruh Interaksi Aktif dalam Komunitas Online yang Disponsori Merek |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Fitriani, Dian Ika Priharsari, Diah Wicaksono, Satrio Agung Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Komunitas online yang disponsori merek dibangun oleh merek itu sendiri dalam rangka menciptakan media untuk pemasaran produk mereka melalui interaksi dengan para penyuka merek. Sayangnya tidak semua merek dapat menciptakan komunitas online yang aktif berinteraksi, yang dapat memberikan output bagi branding dan penjualan merek. Peneliti mencoba mempelajari apa faktor yang mempengeruhi terbentuknya komunitas online yang ramai dan aktif. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari komunitas online berupa teks online dari kolom komentar. Dari data teks online tersebut kemudian dilakukan analisis data menggunakan metode coding literature driven. Dimana metode ini merujuk pada proses coding dengan menggunakan kerangka model yang didapatkan dari dua buah teori yaitu Self Determination Theory dan Self Disclosure Theory. Temuan dalam menunjukkan bahwa kelima faktor pada kerangka model yaitu Keterkaitan, Otonomi, Kompetensi, Keakraban, dan Valensi memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan terbentuknya interaksi aktif pada komunitas online yang disponsori merek. Temuan kedua, peneliti memaparkan persentase kemunculan tiap faktor dan didapatkan faktor yang memiliki pengaruh dominan adalah Keterkaitan sebesar 25%, Kompetensi sebesar 22%, dan Keakraban sebesar 20%. Ketiga faktor tersebut menunjukkan persentase kemunculan di atas rata-rata. Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sudut pandang baru serta referensi dalam memanajemen sebuah komunitas online bagi para pelaku UMKM yang masih berkembang.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10568 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 2 (2022): Februari 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|