Evaluasi Usability Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi E-Suket Kota Kediri Menggunakan Metode Usability Testing
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Usability Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi E-Suket Kota Kediri Menggunakan Metode Usability Testing |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Pahlevi, Ihsa Almasyah Rokhmawati, Retno Indah Fanani, Lutfi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
E-Suket Kota Kediri merupakan aplikasi berbasis android pelayanan surat mandiri bagi warga Kota Kediri. Berdasarkan hasil studi terhadap ulasan pengguna pada Google Playstore terdapat beberapa masalah yang dirasakan pengguna saat menggunakan aplikasi diantaranya gagal mengajuan surat, dan eror. Maka sebab itu, evaluasi dan perbaikan aplikasi E-Suket Kota Kediri perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai usability aplikasi. Metode evaluasi yang digunakan adalah usability testing yang dalam proses pengujiannya melibatkan pengguna untuk menilai sejauh mana aplikasi telah memenuhi kriteria yang diujikan. Evaluasi dilakukan dengan pengujian tugas, pengisian kuesioner, dan wawancara. Pada proses evaluasi aplikasi, aspek yang diukur berdasarkan ISO 9421-11 yaitu aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Dilakukan dua kali pengujian yaitu pengujian pada desain awal aplikasi dan pengujian pada rekomendasi desain perbaikan yang dibuat berdasarkan hasil analisis evaluasi desain awal. Berdasarkan hasil wawancara pada responden uji diperoleh 27 temuan masalah pada aplikasi. Terdapat 28 guidelines untuk menyusun rekomendasi perbaikan aplikasi. Pengujian pada aspek efektivitas menunjukkan nilai pada desain awal 55,5% dan pada desain perbaikan 100%, pengujian pada aspek efektifitas menunjukkan nilai pada desain awal 54,42% dan pada rekomendasi perbaikan 100%, serta pada tingkat kepuasan pengguna dengan media kuesioner nilai pada desain semula adalah sebesar 43,75 dan pada desain perbaikan 66,5.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9404 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|