Record Details

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemantauan Kegiatan Masjid berbasis Piranti Bergerak menggunakan Human-Centered Design (Kasus: Masjid Ibnu Sina Jl. Veteran, Malang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemantauan Kegiatan Masjid berbasis Piranti Bergerak menggunakan Human-Centered Design (Kasus: Masjid Ibnu Sina Jl. Veteran, Malang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Santosa, Iqbal Putra
Aknuranda, Ismiarta
Akbar, Muhammad Aminul
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Masjid Ibnu Sina merupakan salah satu masjid besar di Kota Malang memiliki berbagai agenda kegiatan yang dilakukan dalam melayani jamaahnya. Pada setiap kegiatan para pengurus masjid selalu melakukan koordinasi secara rutin terkait pekerjaan yang diberikan. Saat ini, koordinasi dan pemantauan pekerjaan yang dilakukan pengurus masjid masih melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah seperti, informasi terkait perkembangan pekerjaan yang disampaikan jadi bertabrakan dengan informasi lain sehingga penanggung jawab pekerjaan dan ketua takmir selaku penanggung jawab tertinggi dalam kepengurusan masjid kesulitan untuk memantau pekerjaan-pekerjaan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka akan dilakukan perancangan pengalaman pengguna aplikasi pemantauan kegiatan masjid. Sehingga dengan adanya perancangan ini, diharapkan proses pemantauan pekerjaan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Proses perancangan menggunakan pendekatan Human-Centered Design yang bersifat iteratif dan melibatkan pengguna pada setiap tahapannya. Tahapan dilakukan dengan menentukan konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna, pembuatan solusi desain, evaluasi solusi desain dan perbaikan solusi desain. Evaluasi menggunakan metode pengujian usability kepada enam partisipan. Hasil evaluasi pada aspek efektivitas menghasilkan nilai success rate 100%. Aspek efisiensi dilakukan perhitungan time-based efficiency menghasilkan nilai 0,024 goals/sec pada partisipan anggota, dan 0,056 goals/sec pada partisipan ketua takmir. Aspek kepuasan diukur menggunakan single ease question mendapatkan nilai 6,2 pada anggota dan 6,17 pada ketua takmir. Dari hasil evaluasi juga ditemukan 13 permasalahan yang selanjutnya dilakukan perbaikan pada solusi desain.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9952
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com