Analisis Metode Fuzzy C-Means dengan Model LRFM terhadap Segmentasi Pelanggan pada Toko Butik (Studi Kasus: Diva Collection Kota Cilegon)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Metode Fuzzy C-Means dengan Model LRFM terhadap Segmentasi Pelanggan pada Toko Butik (Studi Kasus: Diva Collection Kota Cilegon) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Dwirahmawan, Adityo Setiawan, Nanang Yudi Pramono, Djoko Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Toko butik Diva Collection adalah toko butik yang menjual berbagai macam jenis pakaian wanita yang berdiri pada tahun 2019 di Kota Cilegon. Toko tersebut masih belum memberlakukan strategi Manajemen Hubungan Pelanggan dengan memberikan pelayanan yang berbeda ke setiap pelanggan, sehingga pihak butik memperlakukan sama kepada tiap pelanggan. oleh karena itu, diperlukan segmentasi pelanggan untuk mengetahui bagaimana sifat atau karakteristik pelanggan dengan kesamaan tertentu. Hal ini berguna untuk mencari informasi terkait pelanggan yang menguntungkan. Perilaku pelanggan yang diamati adalah dari proses LRFM. Length(selisih waktu transaksi terakhir dengan awal), Recency (selisih waktu pembelian dengan penelitian), Frequency (jumlah pembelian), dan Monetary (total pengeluaran konsumen). Metode klasterisasi yang digunakan adalah C-Means untuk melakukan segmentasi pelanggan. hasil grafik K-Means dan Silhoutte digunakan untuk menentukan berapa jumlah cluster yang optimal sebelum klasterisasi. Data yang digunakan adalah data periode Agustus 2019 hingga Desember 2019 sebanyak 560 data transaksi pelanggan. jumlah kelompok yang dihasilkan adalah 2 segmen dan 3 segmen. Kelompok 2 adalah kelompok paling optimal, hal ini berdasarkan pemeringkatan berdasarkan nilai F,M,L tertinggi dan R terendah. Visualisasi Dashboard hasil pengelompokan digambarkan dalam bentuk diagram dan grafik. Terdapat 3 halaman yang menampilkan informasi hasil pengelompokkan dan diberikan kepada pihak Toko Butik Diva Collection untuk dilakukan pengujian. Hasil rata-rata yang didapatkan dari 3 responden adalah 72,5. Nilai tersebut tergolong baik, dimana pihak Butik Diva Collection dapat menerima hasil visualisasi Dashboard tersebut.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10221 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 12 (2021): Desember 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|