Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: PT Cita Intrans Selaras (CITILA))
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: PT Cita Intrans Selaras (CITILA)) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sari, Bella Karina Aknuranda, Ismiarta Setiawan, Nanang Yudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
PT Cita Intrans Selaras (CITILA) merupakan perusahaan penerbit yang berfokus pada penerbitan buku-buku pendidikan. PT CITILA mempunyai Divisi Penerbit yang terlibat dalam proses mengolah naskah mentah menjadi buku siap cetak. Permasalahan yang tejadi pada perusahaan ini diantaranya yakni alur naskah yang melambat dan terjadi kekeliruan pengetikan judul sehingga menyebabkan terjadinya penyetakan ulang. Maka, diperlukan identifikasi permasalahan secara mendetail dan perbaikan kondisi yang ada melalui perbaikan proses bisnis. Metodologi yang digunakan untuk perbaikan proses bisnis yakni Business Process Improvement (BPI) dan menerapkan standar (BPMN) untuk pemodelan proses bisnis serta Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) untuk menganalisis dan mengevaluasi proses bisnis. Perbaikan dilakukan sesuai dengan bantuan Streamlining Tools di dalam BPI antara lain mengadaptasi Upgrading dan Simplification. Salah satu hasil perbaikan yang diperoleh adalah terdapat aktivitas-aktivitas yang memanfaatkan pengiriman melalui email. Lalu, pemodelan proses bisnis saat ini (as is) dan pemodelan proses bisnis rekomendasi (to be) disimulasikan dan memvalidasi agar mengetahui seberapa besar peningkatan waktu (%) yang diperoleh. Hasil dari simulasi menunjukkan efisiensi waktu dari keempat proses bisnis yakni proses bisnis peninjauan naskah dengan efisiensi sebesar 55,93%, proses bisnis penyuntingan naskah sebesar 30,02%, proses bisnis mendesain tata letak buku sebesar 30,91%, dan proses bisnis mendesain sampul buku sebesar 5,70%.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7414 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 6 (2020): Juni 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|