Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Marketplace terhadap Pengusaha UMKM dengan Metode Human-Centered Design
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Marketplace terhadap Pengusaha UMKM dengan Metode Human-Centered Design |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Umardani, Swastika Akbar Dewi, Ratih Kartika Brata, Komang Candra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pada masa pandemi, UMKM sangat kesulitan dalam menjual produk yang dimilikinya secara offline. Oleh karena hal tersebut, pada saat ini penjualan secara offline sudah mulai tergantikan dengan pembelanjaan secara online. Para UMKM sudah disediakan suatu wadah untuk menjual barang mereka yaitu marketplace. Namun di Indonesia sendiri banyak sekali marketplace yang sudah berkembang. Banyaknya marketplace tersebut membuat pengguna kebingungan karena di setiap marketplace memiliki cara pembukaan akun, penjualan produk, dan promosi yang berbeda. Selain itu tidak adanya analisis terhadap marketplace tersebut membuat pengguna binggung memilih marketplace mana yang cocok untuk menjual produknya. Oleh karena itu, perancangan user experience pembelajaran marketplace akan membantu mengatasi permasalahan tesebut serta kelancaran dalam mempelajari pemasaran didalam marketplace. Metode human-centered design digunakan dalam perancangan dengan beberapa tahap yang pertama yaitu studi literatur yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari pembecaan literatur. Lalu selanjutnya, analisis konteks penggunaan yang digunakan untuk menganalisis karakteristik dari pengguna. Setelah itu menganalisi kebutuhan pengguna untuk mengetahui apa saja fitur yang dibutuhkan pengguna dalam perancangan. Lalu setelah itu pembuatan desain solusi berupa perancangan prototype hight fidelity. Setelah itu melakukan testing dengan mengukur seberapa berguna aplikasi tersebut, dengan pengujian usability dan UEQ. Usability menggukur 3 aspek yaitu Pada tingkat efektivitas menghasilkan nilai sebesar 87,14%, aspek efisiensi menghasilkan nilai 95,9% dan kepuasan sebesar 77%. Sedangkan pengujian dengan user experience questionnaire menghasilkan nilai attractiveness 2,02, nilai perspicuity 1,91, nilai efficiency 1,90, nilai dependability 1,58, nilai stimulation 2,04, dan nilai novelty 1,81. Setelah itu hasil pengujian tersebut dilakukan perbaikan desain solusi agar hasil lebih baik.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10775 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|