Record Details

Evaluasi Layanan Data Center di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu dengan Menggunakan ITIL V.3 Framework Sub Domain Common Service Operation dan Organizing Service Operation

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi Layanan Data Center di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu dengan Menggunakan ITIL V.3 Framework Sub Domain Common Service Operation dan Organizing Service Operation
 
Added Entry - Uncontrolled Name Herbayu, Dian
Mursityo, Yusi Tyroni
Rachmadi, Aditya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Dinas Komunikasi Informatika Kota Batu merupakan salah satu instansi pemerintahan yang bertanggung jawab atas terselenggaranya pelayanan publik berbasis E-Government dan pengelolaan informasi. DISKOMINFO Kota Batu ini menyediakan layanan berupa data center .Bentuk Iayanan data center kepada instansi  Kota Batu diantaranya permintaan atas subdomain website. Permasalahan oprasional yang alami diantaranya belum adanya backup data yang rutin dan terjadwal. Hal yang menjadi fokus bersama adalah komitmen manajemen untuk meningkatkan kualitas layanan. Untuk mengetahui bentuk pengelolaan layanan yang diIakukan oIeh Dinas Kominfo, maka perlu diIakukan evaluasi tingkat maturitas terhadap layanan data center. Kondisi data center saat ini kondisinya tidak memenuhi standar dan pengelolaan didalamnya tidak diIakukan secara teratur. Evaluasi tingkat maturitas menggunakan ITIL Framework dengan domain Service operation. Evaluasi ini menghasilkan rekomendasi terhadap pengelolaan layanan data center. Selama proses evaluasi berIangsung diIakukan pengambiIan data yang valid dengan studi dokumen, wawancara, dan kuesioner sehingga didapatkan analisis maturity level domain Service operation pada sub domain Common Service operation Activities sebesar 2,1 (repeatable).  dan pada organizing service operation sebesar 1,9 (initial). Analisis ini menunjukkan bahwa masih terdapat banyak proses pengelolaan layanan data center yang belum dijalankan serta fungsi manajemen layanan. Keberadaan rekomendasi dari evaluasi ini akan membantu Dinas Kominfo dalam memperbaiki pengelolaan layanan  data center yang terstandardisasi.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7894
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 9 (2020): September 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com