Analisis Pengaruh Gaya Belajar Siswa, Motivasi Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X TKJ pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMKN 6 Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Pengaruh Gaya Belajar Siswa, Motivasi Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X TKJ pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMKN 6 Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Atari, Zahra Safanah Rokhmawati, Retno Indah Amalia, Faizatul Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi yang ada saat ini yaitu adanya pandemi covid-19, sehingga kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pendidikan saat ini tengah mengalami tantangan sebagai dampak dari pandemi covid-19, maka dari itu pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan agar belajar dilakukan dari rumah dengan menggunakan metode daring untuk menekan laju penyebaran virus tersebut. Pada masa pandemi ini terjadi perubahan dalam hal lingkungan belajar yang memiliki pengaruh terhadap gaya belajar, motivasi belajar serta peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya belajar, motivasi belajar, dan peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran Jaringan Dasar di SMKN 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini adalah murid kelas X TKJ 1 dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan data gaya belajar, motivasi belajar, dan peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa menggunakan media penyebaran kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar, motivasi belajar, dan peran orang tua secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dinyatakan bahwa H0 diterima. Nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,595 > 0,05; 0,040 > 0,05; 0,000 > 0,05.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10946 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 4 (2022): April 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|