Record Details

Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD) dan Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Mata Pelajara

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD) dan Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Mata Pelajara
 
Added Entry - Uncontrolled Name Sari, Duwi Ajeng Intan
Herlambang, Admaja Dwi
Wijoyo, Satrio Hadi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Permasalahan pada kelas X SMK Negeri 5 Malang yaitu kurangnya sinergi siswa pada saat pembelajaran berlangsung, juga hasil belajar pengetahuan belum mengalami peningkatan yang berarti. Model pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT) belum dapat meningkatkan antusias dan nilai siswa. Penggunaan variasi model pembelajaran lain berguna untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Tujuan Penelitian yakni ingin mengetahui perbedaan nilai atas pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dibandingkan dengan NHT. Metode menggunakan metode Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian None-Equivalent Control Group. Instrumen yang dipakai yakni berupa soal tes tertulis. Hasil uji kenormalan data ditemukan data tidak normal maka peneliti menggunakan uji statistik nonparameterik. Uji hipotesis menggunakan cara uji Man Whitney dan Wilcoxon sebagai alternatif uji t dilakukan dengan berbantuan software SPSS. Hasil memberikan kesimpulan bahwa kedua model sama-sama berperan dalam meningkatnya hasil belajar. Menggunakan model STAD menghasilkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dengan nilai 86,56 daripada dengan model pembelajaran Numbered Head Together mempunyai rata-rata 77,88. Dikarenakan kedua model mempunyai perbedaan, perbedaan terlihat pada STAD berlaku sebuah poin dan reward yang berguna memberi stimulus dan motivasi kepada siswa.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7181
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 4 (2020): April 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com