Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD) dan Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Mata Pelajara
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD) dan Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Mata Pelajara |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sari, Duwi Ajeng Intan Herlambang, Admaja Dwi Wijoyo, Satrio Hadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Permasalahan pada kelas X SMK Negeri 5 Malang yaitu kurangnya sinergi siswa pada saat pembelajaran berlangsung, juga hasil belajar pengetahuan belum mengalami peningkatan yang berarti. Model pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT) belum dapat meningkatkan antusias dan nilai siswa. Penggunaan variasi model pembelajaran lain berguna untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Tujuan Penelitian yakni ingin mengetahui perbedaan nilai atas pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dibandingkan dengan NHT. Metode menggunakan metode Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian None-Equivalent Control Group. Instrumen yang dipakai yakni berupa soal tes tertulis. Hasil uji kenormalan data ditemukan data tidak normal maka peneliti menggunakan uji statistik nonparameterik. Uji hipotesis menggunakan cara uji Man Whitney dan Wilcoxon sebagai alternatif uji t dilakukan dengan berbantuan software SPSS. Hasil memberikan kesimpulan bahwa kedua model sama-sama berperan dalam meningkatnya hasil belajar. Menggunakan model STAD menghasilkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dengan nilai 86,56 daripada dengan model pembelajaran Numbered Head Together mempunyai rata-rata 77,88. Dikarenakan kedua model mempunyai perbedaan, perbedaan terlihat pada STAD berlaku sebuah poin dan reward yang berguna memberi stimulus dan motivasi kepada siswa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7181 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 4 (2020): April 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|