Perancangan Customer Relationship Management (CRM) menggunakan Metode SEO berbasis Website (Studi Kasus: CV. Tips Indonesia)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Customer Relationship Management (CRM) menggunakan Metode SEO berbasis Website (Studi Kasus: CV. Tips Indonesia) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Anshori, Syaifudin Hanggara, Buce Trias Mursityo, Yusi Tyroni Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
CV. Tips Indonesia merupakan sebuah lembaga pengembangan Sumber Daya Manusia. Penulis menemukan bahwa ada kegiatan Customer Management Relationship (CRM) yang kurang efektif dalam mencari pelanggan baru. Indikasi yang terjadi adalah kurang efektifnya pemasaran yang dilakukan menggunakan media online. Berdasarkan indikasi permasalahan yang terjadi, peneliti akan melakukan evaluasi terhadap Customer Mangement Relationship (CRM) yang dilakukan. Peneliti akan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO) terhadap website yang dimiliki oleh CV. Tips Indonesia untuk mengautomasi pemasaran yang dilakukan agar dapat memperluas pasar yang dimiliki dan lebih mecakup banyak pelanggan. Metode Search Engine Optimization (SEO) yang dilakukan menggunakan 2 metode, yaitu : on-site optimization dan off-site optimization. Sedangkan untuk analisis kesuksesan proses Search Engine Optimization (SEO) yang dilakukan menggunakan 4 tahap analisis. Yang pertama, analisis website pada halaman google. Yang kedua, analisis traffic pengunjung menggunakan google analytic, analisis menggunakan website alexa.com untuk mengetahui peringkat website secara global dan melakukan analisis kualitas domain dari website tips-indonesia.com. Pada analisis halaman google website mengalami peningkatan. Pada saat sebelum dioptimasi website berada diluar halaman 10 besar google dan setelah dilakukan optimasi selama 3 bulan, website mengalami peningkatan ke halaman 3 google. Untuk analisis traffic pengunjung website, traffic pengunjung meningkat dari sebelum dilakukan kegiatan optimasi. Pada saat sebelum dilakukan optimasi website memiliki 0 pengunjung selama sebulan hingga setelah dilakukan optimasi selama 3 bulan website memiliki 642 pengunjung selama sebulan. Dan pada analisis peringkat secara global, website mengalami peningkatan dari peringkat 9.883.983 ke peringkat 8.082.005. Ahrefs rank menunjukan peringkat website dari tips-indonesia.com berada pada peringkat 8.930.581 secara global. Kemudian untuk UR (URL Rating) dan DR (Domain Rating) yang menunjukan “9†pada UR dan “20†pada DR dengan skala 0-100, Selanjutnya terdapat Backlink, 10.200 dan Reffering domain dengan jumlah 666. Selanjutnya adalah organic keyword dengan jumlah 1.600. Selanjutnya terdapat organic traffic yang berjumlah 761. Dan juga terdapat traffic value sebanyak $72.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10010 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|