Perancangan User Experience Website Chawaty menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Website Chawaty menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sektyawardani, Alifia Wahyu Az-Zahra, Hanifah Muslimah Prakoso, Bondan Sapta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
CV PERDU LA merupakan badan usaha UKM Chawaty terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur dan telah berdiri sejak tahun 2012. Pandemi Covid-19 membuat Chawaty mengalami penurunan omset yang sangat signifikan. Sehingga meningkatkan ketepatan dan kecepatan dalam menyikapi kondisi pandemi saat ini, CV PERDULA berusaha menghadirkan layanan berbasis website yang tujuannya mempermudah calon konsumen yang ingin mengetahui produk apa saja yang ditawarkan beserta dengan spesifikasi dan keunggulan produk. Menghasilkan layanan yang bermanfaat dengan melibatkan manusia yaitu pengguna dan stakeholder dengan tujuan memenuhi kepuasan dan kebutuhan penggunaan website Chawaty. Tahapan yang digunakan pada pendekatan HCD yakni proses spesifikasi konteks penggunaan dan kebutuhan pengguna melalui proses wawancara dengan pihak stakeholder dari Chawaty dan pengguna yang menggunakan layanan, selanjutnya dilakukan proses pembuatan rancangan desain wireframe, wireflow, dan high-fidelity prototype yang pembuatannya berdasarkan desain guidelines yang diidentifikasi sebelumnya. Rancangan desain solusi dalam bentuk high-fidelity prototype merupakan hasil akhir proses perancangan, dimana selanjutnya dilakukan proses evaluasi menggunakan metode user experience questionnaire. Hasil proses evaluasi tersebut mendapatkan nilai positif pada setiap skala dan aspek UEQ. Skala daya tarik memiliki nilai sebesar 2,205, skala kejelasan sebesar 2,086, skala efisiensi sebesar 2,321, skala ketepatan sebesar 2,214, skala stimulasi sebesar 2,393, dan skala kebaruan sebesar 2,093. Grafik benchmark UEQ mendapatkan kategori excellent pada setiap skala.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10549 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 2 (2022): Februari 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|