Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Investasi Pasar Modal berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Investasi Pasar Modal berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking
 
Added Entry - Uncontrolled Name Aditama, Widi
Tolle, Herman
Rokhmawati, Retno Indah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Berdasarkan data yang didapatkan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi keuangan masyarakat Indonesia pada sektor pasar modal sebesar 4,92%, menjadikan literasi keuangan terendah dibandingkan sektor keuangan lain, berdasarkan data tersebut upaya untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan pada sektor pasar modal, maka dibutuhkan sebuah perancangan user experience aplikasi yang membantu pengguna mempelajari bagaimana berinvestasi di pasar modal dan melatih keterampilan dalam berinvestasi di pasar modal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode design thinking, dengan tahapan yang terdiri dari mengumpulkan informasi dengan wawancara dan membagikan kuesioner kepada responden untuk mengetahui lebih dalam permasalahan dan bagaimana pengguna menghadapi masalah, analisis kebutuhan untuk menentukan masalah utama dan prioritas kebutuhan, perumusan ide solusi untuk mencari solusi dari masalah, pembuatan mockup dari ide solusi yang akan di iterasi, membuat prototipe untuk memfinalisasi ide solusi, dan pengujian akhir yaitu pengujian usability testing yang menguji aspek efektifitas, efisiensi, dan kepuasan terhadap desain solusi, menggunakan dua metode, yaitu task skenario untuk menguji aspek efektifitas dan efisiensi, system usability scale untuk mengukur kepuasan. Hasil pengujian mendapatkan nilai 93,47% pada aspek efektifitas, 87,63% pada aspek efisiensi, dan 71,25% pada aspek kepuasan dan nilai tersebut termasuk ke dalam golongan B (Good). Hasil tersebut dirata-rata dan mendapatkan nilai akhir usability sebesar 84,41%.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9931
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com