Record Details

Implementasi Plugin Notifikasi Sebagai Media Integrasi Antara E-Learning Moodle dengan BOT Telegram (Studi Kasus : Bimbingan Belajar The Second School)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Implementasi Plugin Notifikasi Sebagai Media Integrasi Antara E-Learning Moodle dengan BOT Telegram (Studi Kasus : Bimbingan Belajar The Second School)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Muhammad, Renaldi
Arwani, Issa
Rahayudi, Bayu
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Saat ini e-learning­ Moodle merupakan website yang sering digunakan untuk mendukung proses pembelajaran salah satunya yaitu pada Bimbingan Belajar yang bernama The Second School. Pada bimbingan belajar terdapat ativitas yang akan dilakukan pada e-larning, agar siswa tahu akan adanya aktivitas pada e-learning maka guru mengirimkan pengumuman yang diberikan kepada siswa dengan cara memberitahukan pengumuman tersebut melalui group whatsapp masing-masing kelas. Dari proses diatas, terdapat masalah yang dihadapi oleh guru yaitu pada saat mengirim pemberitahuan adanya pengumuman pada e-learning masih dilakukan secara manual dengan mengirimkan pemberitahuan pada setiap kelas dan group whatsapp yang berbeda. Berdasarkan permasalahan diatas maka peneliti akan mengimplementasikan plugin notifikasi sebagai media integrasi antara e-learning Moodle dengan BOT Telegram. Penelitian ini menggunakan Telegram daripada Whatsapp dikarenakan Telegram dilengkapi oleh fasilitas BOT yang dapat diintegrasikan ke banyak aplikasi salah satunya adalah e-learning Moodle yang digunakan pada bimbingan belajar The Second School. Tujuan diimplementasikannya plugin notifikasi ini diharapkan dapat membantu guru mengirimkan pemberitahuan adanya pengumuman dan siswa mendapatkan notifikasi dari e-learning Moodle melalui aplikasi Telegram. Hasil yang didapat dari pengujian blackbox testing implementasi plugin notifikasi sebagai media integrasi antara e-learning Moodle dengan BOT Telegram dapat berjalan yang dibuktikan dengan masuknya notifikasi pada Telegram setelah adanya pengumuman pada e-learning Moodle. Selanjutnya hasil dari pengujian usability menggunakan SUS mendapatkan skor rata-rata bernilai 74 masuk dalam kategori Good dan Grade Scale C yang berarti acceptable atau dapat diterima pada kategori acceptability ranges.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7597
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 7 (2020): Juli 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com