Perancangan User Experience Aplikasi E-Koperasi Sekolah berbasis Android dengan menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi E-Koperasi Sekolah berbasis Android dengan menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Tobing, Lasma Divathama Tolle, Herman Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Koperasi sekolah memiliki aktivitas dalam menjual dan membeli barang yang dibutuhkan oleh setiap orang yang berada dalam lingkungan sekolah. Aktivitas tersebut membuat petugas koperasi sekolah selalu menyediakan barang yang akan dijual di koperasi sekolah. Meski begitu, banyaknya orang yang membeli barang yang menunjang kebutuhan sekolah di koperasi sekolah dengan keterbatasan waktu menjadi hambatan dalam melakukan kegiatan di koperasi sekolah. dengan permasalahan tersebut, maka dibuatlah solusi yang bertujuan untuk memudahkan pembeli dan petugas koperasi dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan koperasi sekolah. Perancangan User Experience dilakukan agar dapat mengembangkan aplikasi dengan hasil User Experience yang tinggi. Perancangan ini dibuat menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dimana desain tersebut berpusat kepada kegiatan manusia. Perancangan tersebut dimulai dengan mengidentifikasi kegiatan yang terjadi di lingkungan koperasi sekolah. dari hasil identifikasi tersebut, terdapat dua skenario yang dijalankan oleh empat orang aktor, yaitu pembeli, kasir, suplier, dan admin koperasi. Kedua skenario tersebut berupa proses jual-beli barang dan proses mengendalikan barang. Hasil dari evaluasi desain dangan User Experience Questionnaire (UEQ) pada perancangan ini mendapat nilai positif terutama dalam tingkat Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Dan Ketepatan. Hasil dari Heuristic Evaluation menunjukkan bahwa terdapat masalah pada rancangan desain yang dapat diperbaiki. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain solusi dapat memberikan persepsi positif dari segi User Experience.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10277 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 12 (2021): Desember 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|