Evaluasi Website Malasngoding dengan menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Website Malasngoding dengan menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Pratama, Aditya Putra Wijoyo, Satrio Hadi Az-Zahra, Hanifah Muslimah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Malasngoding merupakan salah satu website media pembelajaran yang membahas bahasa pemrograman untuk membangun sebuah website, aplikasi maupun sistem. Alasan mengapa menggunakan website malasngoding sebagai topik evaluasi, karena berdasarkan website similar.com untuk website malasngoding hanya memiliki total pengunjung 315.11k yang ternyata jumlah tersebut jauh dari website serupa lainnya dan pengunjung website malasngoding mengalami penurunan drastis pada bulan maret hingga juni. Riset awal yang dilakukan pada mahasiswa filkom, masyarakat umum, dan siswa SMK 5 jurusan RPL didapatkan beberapa masalah seperti kurang menarik dan terkesan berantakan, tampilan website pada mobile cenderung memenuhi layar, tidak ada fungsi menghubungi penulis, tidak dapat berlangganan materi melalui email, tidak terdapat daftar isi materi untuk memudahkan melihat seluruh materi, posisi diskusi yang tidak terlihat dan beberapa fitur tidak dapat digunakan saat melakukan akses melalui mobile. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dan menggunakan dua kuesioner yaitu system usability scale dan General LMS evaluation. Pengujian setelah dilakukan perbaikan website malasngoding dan didapatkan hasil pada perangkat desktop aspek learnability dengan success rate 96.2%, aspek efficiency dengan time based efficiency 0.05 goals/sec, aspek error dengan error rate 0.02, aspek memorability dengan rata-rata langkah 53.3 dan aspek satisfaction dengan skor rata-rata 75.25. Pada perangkat mobile didapatkan hasil aspek learnability dengan success rate 93.05%, aspek efficiency dengan time based efficiency 0.04 goals/sec, aspek error dengan error rate 0.05, aspek memorability dengan rata-rata langkah 67.7 dan aspek satisfaction dengan skor rata-rata 74.55.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9935 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|