Pembuatan Objek 3D Candi Badut Menggunakan Metode Photogrammetry
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pembuatan Objek 3D Candi Badut Menggunakan Metode Photogrammetry |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Pardamean, Benjamin Septa Tolle, Herman Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Berdasarkan fungsinya, media sebagai sumber informasi sangat berperan dalam pembelajaran, yang mana dengan penyampaian informasi yang akurat maka informasi yang disampaikan dapat diterima dengan jelas. Salah satu media digital yaitu media tiga dimensi yang memberikan informasi visual objek seperti warna, tekstur, bentuk, dan lainnya. Salah satu metode dalam pembuatan objek 3D yaitu dengan menggunakan metode photogrammetry. Metode photogrammetry merupakan proses pembuatan objek 3D menggunakan banyak foto yang ditangkap oleh kamera akan disatukan ke dalam suatu perangkat lunak dan diolah menjadi objek 3D. Pada penelitian ini, metode photogrammetry diterapkan dalam pembuatan objek 3D Candi Badut, dengan menggunakan UAV dalam pengambilan foto, kemudian diolah pada perangkat lunak Meshroom yang terdiri dari tahap StructureFromMotion, DepthMap, Meshing, dan Texturing, yang menghasikan objek 3D dan kemudian diolah kembali pada perangkat lunak Blender 3D. Hasil objek 3D yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai aset digital seperti pengenalan objek wisata, permainan video, animasi dan lainnya. Dilakukan pengujian pada objek 3D Candi Badut untuk mengukur tingkat akurasi dengan menggunakan metode Root Mean Square Error (RMSE) dengan membandingkan hasil pengukuran pada perangkat lunak dengan hasil pengukuran di lapangan. Hasil pengujian yang didapat adalah RMSE sebesar 0,0734meter dimana objek 3D Candi Badut yang dihasilkan dari metode photogrammetry sudah mendekati dengan objek Candi Badut pada dunia nyata.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9345 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|