Evaluasi Manajemen Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi pada Layanan "Sambat Online" menggunakan Framework COBIT 5
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Manajemen Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi pada Layanan "Sambat Online" menggunakan Framework COBIT 5 |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ashshiddiqi, Muhammad Hasbi Suprapto, Suprapto Rachmadi, Aditya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang sebagai pengelola komunikasi publik, memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat sebuah layanan pengaduan masyarakat berbasis teknologi yaitu, Sambat Online. Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk memberikan pengaduan terhadap fasilitas sarana dan prasarana di Kota Malang. Namun masih terdapat permasalahan yang dimiliki yaitu, manejemen pengelolaan yang dilakukan pihak terkait dengan kurang memperhatikan kegiatan pendokumentasian dokumen mengenai persyaratan dari pendefinisian kebutuhan dan persyaratan pembuatan solusi layanan. Maka dilakukan kegiatan evaluasi teknologi informasi menggunakan framework COBIT 5 dan berfokus pada proses subdomain BAI (Build, Acquire, and Implementation), proses yang dipilih merupakan BAI02 (manage requirements definition) serta BAI03 (manage solutions identification and build). Observasi dilaksanakan bermaksud sebagai informasi nilai capability level serta nilai GAP yang terjadi. Hasil observasi menunjukkan nilai capability level yang dimiliki oleh proses subdomain BAI02 dan BAI03 adalah level 0 dan terdapat nilai GAP berdasarkan target level adalah 2. Agar Diskominfo Kota Malang dapat mencapai target level yang diharapkan, diberi estimasi untuk kelengkapan pendokumentasi dokumen base practice serta work product sesuai proses subdomain BAI02 dan BAI03, dan membuat prosedur yang lebih detail dan terperinci terkait pendefinisian kebutuhan layanan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10684 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|