Analisis Kelayakan Biaya dan Manfaat Investasi Teknologi Informasi Digital Advertising pada Google Merchandise Store
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Kelayakan Biaya dan Manfaat Investasi Teknologi Informasi Digital Advertising pada Google Merchandise Store |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Putra, Raka Rachmanda Perdanakusuma, Andi Reza Priharsari, Diah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Google Merchandise Store merupakan sebuah unit usaha milik Google berupa e-commerce yang menjual merchandise yang dibuat oleh Google seperti pakaian, tas, keperluan alat tulis, dan lainnya. Sebagai penunjang proses bisnisnya, Google Merchandise Store melakukan investasi berupa digital marketing. Google Merchandise Store mengeluarkan sejumlah biaya kepada penyedia layanan pengiklanan digital bernama Google Ads untuk mendapatkan pengunjung, jangkauan, atau konversi melalui penayangan pencarian berbayar maupun display ad networks. Dengan laporan trafik web melalui Google Analytics, peneliti melakukan analisis kelayakan investasi menggunakan konsep perhitungan investasi oleh Alinean ROI Dashboard. Alinean ROI Dashboard menggabungkan manfaat tangible, intangible, dan faktor risiko dengan metrik-metrik seperti ROI, NPV, Payback Period, dan lainnya untuk merepresentasikan kelayakan investasi. Berdasarkan hasil analisis didapatkan data bahwa investasi yang dilakukan Google Merchandise Store memiliki ROI yang telah disesuaikan dengan faktor risiko sebasar 110,57%. Akan tetapi dengan menggunakan laporan periodik yang telah direpresentasikan dalam bentuk diagram linier, diketahui terjadi tren penurunan Risk Adjusted ROI sebesar -19,5% setiap periodenya sehingga perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi investasi jika proses digital marketing tetap dilanjutkan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10298 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 12 (2021): Desember 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|