Pengembangan Aplikasi Ngobat: Aplikasi Ketaatan Regimen Pengobatan menggunakan Gamification pada Platform Android
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Aplikasi Ngobat: Aplikasi Ketaatan Regimen Pengobatan menggunakan Gamification pada Platform Android |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Aldiansyah, Muhammad Wildan Kharisma, Agi Putra Arwani, Issa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Ketaatan regimen pengobatan jangka panjang untuk penyakit kronis di negara maju bisa serendah 50% serta kurangnya dukungan, motivasi, dan kelupaan menjadi salah satu faktor kunci yang menjadi permasalahan pada ketaatan regimen pengobatan saat ini. Ulasan lain juga mengatakan bahwa kurangnya dukungan pada medis untuk pengobatan rutin. Permasalahan tersebut menjadikan pasien merasa sulit untuk melakukan regimen pengobatan mereka dengan beberapa faktor yang mereka alami tersebut. Untuk meningkatkan motivasi dalam ketaatan regimen pengobatan diperlukan sebuah alat yang dapat memberikan pengingat maupun dukungan ketika menjalani pengobatan tersebut. Aplikasi Ngobat mendukung pengingat dan gamifikasi yang membantu pengguna untuk taat dalam regimen pengobatan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall, metode tersebut dipilih karena kebutuhan fungsional yang ada pada sistem telah didefinisikan sejak awal dan tidak ada perubahan. Pengujian dari aplikasi Ngobat yaitu pengujian fungsional, kompatibilitas, dan usabilitas. Pada pengujian fungsional menghasilkan keberhasilan pengujian sebesar 100%. Pengujian Kompatibilitas dapat berjalan pada seluruh perangkat dengan API level minimal 21. Pengujian usabilitas menghasilkan success rate sebesar 93.33% sedangkan pada System Usability Scale (SUS) menghasilkan nilai rata-rata 74.5 atau dengan skala konversi berada pada kategori B yang mana dapat diterima oleh masyarakat.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9637 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|