Evaluasi Usabilty pada Aplikasi Mobile Gapura UB menggunakan Metode Usability Testing
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Usabilty pada Aplikasi Mobile Gapura UB menggunakan Metode Usability Testing |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Fadilla, Muhammad Rhamanda Az-Zahra, Hanifah Muslimah Wardani, Niken Hendrakusma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
GAPURA (gapura.ub.ac.id) adalah sebuah portal sistem informasi layanan terpadu yang dapat memberikan kemudahan dalam akses akan informasi dan layanan bagi seluruh pengguna layanan Sistem Informasi UB. GAPURA Mobile adalah sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna mecari informasi dari perangkat bergerak (smartphone, tablet). Layanan yang dapat diakses melalui aplikasi ini meliputi layanan untuk mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Untuk mahasiswa dapat mengakses informasi biodata, status akademik, biaya pendidikan, KRS, KHS, dan jadwal kulliah. Tetapi ada permasalahan Usability yang dapat mempersulit pengguna baru dalam beradaptasi pada aplikasi sehingga informasi yang disampaikan tidak maksimal ke pengguna baru , jadi perlu dilakukannya sebuah penelitian dengan cara melakukan pengujian awal untuk mencari nilai metrik Learnability, Efficiency, Error dengan metode Usability Testing dan Satisfaction menggunakan LEMtool- Measuring Emotions in Visual Interfaces dan penelitian ini menemukan 5 permasalahan dari 10 Task scenario yang diujikan, setelah melakukan pengujian awal hasil pengujian awal akan dijadikan sebagai acuan dalam membuat rekomendasi perbaikan antarmuka yang didasari dengan hasil wawancara, pengamatan tingkah laku pengguna, dan Guidelines, setelah rekomendasi perbaikan antarmuka selesai dibuat maka dilakukan pengujian ke dua atau evaluasi kedua. hasil dari evaluasi ke dua ini akan dibandingkan dengan evaluasi pertama untuk melihat adakah perbedaan yang terjadi sebelum dengan sesudah diberikan rekomendasi desain pada aplikasi Gapura UB. Hasil dari pemberian Rekomendasi desain pada aplikasi menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada metrik Learnability dari 82% menjadi 97%, pada metrik Efficiency mengalami peningkatan dari 0,08 goals/sec menjadi 0,13 goals/sec, penurunan terjadi pada metrik Error dari 15% menjadi 2% dan peningkatan ada metrik Satisfaction dari 62% menjadi 94%.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8023 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|