Record Details

Implementasi Algoritme Faster R-CNN untuk Sistem Pendeteksi Halangan di Luar Ruangan bagi Tunanetra

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Implementasi Algoritme Faster R-CNN untuk Sistem Pendeteksi Halangan di Luar Ruangan bagi Tunanetra
 
Added Entry - Uncontrolled Name Arifmawan, Slamet
Utaminingrum, Fitri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Menurut WHO, terdapat sekitar 7 juta manusia yang baru saja mengalami kebutaan tiap tahunnya. Orang yang mengalami kebutaan atau biasa disebut dengan tunanetra akan mendapati beberapa keterbatasan saat melakukan kegiatan, terutama kegiatan luar ruangan. Salah satu contoh kegiatan di luar ruangan yaitu berjalan kaki menuju ke suatu tempat. Banyak dijumpai tunanetra yang menggunakan white cane (alat bantu sejenis tongkat yang berukuran kurang lebih 1.5 meter) saat berjalan. Kekurangan dari white cane ini adalah jangkauannya yang dapat diasumsikan hanya 1.5 meter, sedangkan kegiatan di luar ruangan menuntut seseorang untuk lebih waspada terhadap lingkungan sekitar. Contohnya pada saat berjalan di pinggir jalan raya yang banyak dijumpai kendaraan bermotor berlalu-lalang. Kendaraan bermotor juga memiliki kemampuan bergerak yang terbilang cepat, bahkan dalam hitungan detik sudah dapat berpindah tempat lebih dari 1.5 meter sehingga jangkauan 1.5 meter kurang baik untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Berangkat dari permasalahan ini penulis berencana untuk membangun suatu sistem alat bantu tunanetra yang mengadaptasi teknologi jaringan syaraf tiruan dan penglihatan komputer, sehingga jangkauan yang dihasilkan lebih panjang jika dibandingkan dengan white cane. Bentuk dari alat bantu ini yaitu strap yang dilengkapi dengan kotak pemroses dan kamera yang dipasangkan di dada pengguna. Alat bantu ini memiliki akurasi sebesar 91.96% dengan menggunakan algoritme Faster R-CNN. Pada saat menggunakan percepatan CUDA, jumlah frame yang dihasilkan tiap detiknya yaitu sekitar 1.7 fps dan saat tidak menggunakan percepatan CUDA, jumlah frame per detiknya adalah 0.25 fps yang berarti lebih lambat sekitar 6 kali dari penggunaan percepatan CUDA.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9567
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com