Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi Antrian Online pada Mal Pelayanan Publik Sidoarjo berdasarkan Unified Theory of Accepptance and Use of Technology (UTAUT)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi Antrian Online pada Mal Pelayanan Publik Sidoarjo berdasarkan Unified Theory of Accepptance and Use of Technology (UTAUT) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sari, Silvia Nilam Putra, Widhy Hayuhardhika Nugraha Prakoso, Bondan Sapta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) yang di resmikan tanggal 29 Januari 2019 dan mengimplementasikan layanan e-government bernama Antrian MPP Sidoarjo untuk mempermudah masyarakat yang akan berkunjung pada MPP Sidoarjo. Berdasarkan penilaian rating pada google play store tahun 2019, aplikasi Antrian MPP Sidoarjo mendapatkan 3,1 dari 5 bintang, dan bagian informasi sendiri menyebutkan bahwa masyarakat masih banyak menggunakan antrian offline. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan penerimaan penggunaan masyarakat Kabupaten Sidoarjo terhadap aplikasi Antrian MPP Sidoarjo berdasarkan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang di dalamnya memuat variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan behavioral intention. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendistribusikan kuesioner secara offline kepada 60 orang berdasarkan kriteria purposive sampling. Data yang diperoleh diolah dengan statistik deskriptif dan didapatkan hasil temuan yang menunjukkan bahwa penerimaan masyarakat Kabupaten Sidoarjo terhadap aplikasi Antrian MPP Sidoarjo berdasarkan model UTAUT dikategorikan cukup tinggi (66,75%). Dan terdapat tiga variabel yang memiliki nilai di bawah rata-rata, yaitu effort expectancy, social influence, dan behavioral intention. Sebagai rekomendasi, ketiga variabel tersebut harus diperbaiki atau dioptimalkan untuk perbaikan implementasi di masa yang akan datang. Rekomendasi perbaikan yang diberikan untuk masing-masing varibel ada satu dari setiap indikator, totalnya ada 10 rekomendasi.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7720 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 8 (2020): Agustus 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|