Pengembangan Sistem Antrian Permohonan Paspor dengan menerapkan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Kantor Imigrasi Kelas I Kota Malang)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Sistem Antrian Permohonan Paspor dengan menerapkan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Kantor Imigrasi Kelas I Kota Malang) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Puteri, Amelia Achsandini Brata, Adam Hendra Wardhono, Wibisono Sukmo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Paspor Republik Indonesia berfungsi sebagai tanda pengenal atau identitas dari WNI di luar negeri. Oleh karena itu WNI yang ingin berkunjung keluar negeri baik untuk wisata, dinas ataupun kegiatan diplomatik harus memiliki paspor. Permohonan pengajuan paspor umumnya diajukan ke Kantor Imigrasi / Unit Layanan Paspor terdekat melalui aplikasi Layanan Paspor Online. Dengan adanya aplikasi tersebut seharusnya proses antrian permohonan bisa dengan mudah dilakukan. Namun pada kenyataannya, ditemukan banyak keluhan terhadap aplikasi tersebut. Rating aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi yang ada saat itu tidak membantu dan semakin mempersulit. Selain itu, terdapat beberapa kebutuhan pemohon paspor yang belum ada diterapkan pada aplikasi antrean yang saat ini digunakan. Sehingga dilakukan pengembangan sistem antrian permohonan paspor berbasis website dengan menggunakan metode user centered design. Penerapan metode user centered design dilakukan agar sistem yang dihasilkan bisa lebih diterima dan mudah digunakan oleh pemohon paspor karena pengguna sistem memiliki latar belakang demografi yang beragam. Dengan menerapkan metode UCD pada sistem antrian permohonan paspor didapatkan nilai usability yang cukup tinggi (baik). Rata-rata nilai yang dihasilkan dengan metode kuesioner PSSUQ didapatkan nilai 1.03 untuk kriteria System usefulness, 1.28 untuk kriteria Information quality, 1.40 untuk kriteria Interface quality dan 1.20 untuk kategori Overall satisfaction. Dalam kuesioner PSSUQ mempunyai prinsip dimana nilai lebih kecil (mendekati 1) maka semakin tinggi nilai usabilitynya, sehingga dapat disimpulkan sistem ini dapat diterima dan mudah digunakan oleh pengguna.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10819 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|