Pengembangan Aplikasi Reado: Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Pada Kegiatan Sosial Komunitas Katalis Pendidikan dengan Metode Design Sprint
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Aplikasi Reado: Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Pada Kegiatan Sosial Komunitas Katalis Pendidikan dengan Metode Design Sprint |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Dewi, Rachmalia Kharisma, Agi Putra Dewi, Candra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Indonesia merupakan negara yang menempati peringkat 61 dari 100 negara di dunia berdasarkan nilai indeks kecakapan bahasa Inggris yaitu 50,06 dan berada di bawah nilai rata-rata yaitu 53, sehingga Indonesia ditempatkan dalam kategori rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran bahasa Inggris saat ini masih belum dapat berjalan dengan baik. Pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan dengan strategi pengajaran yaitu pembelajaran melalui permainan edukatif dengan menggunakan perangkat elektronik untuk pembelajaran kata dalam bahasa Inggris. Selain itu, berdasarkan data statistik menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat menggunakan aplikasi perangkat bergerak mobile berbasis Android. Maka dari itu, dalam penelitian ini dilakukan pengembangan permainan edukatif bagi anak melalui perangkat bergerak mobile berbasis Android yaitu aplikasi Reado. Pengembangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan metode design sprint dan diujikan pada anak-anak dari kegiatan sosial Komunitas Katalis Pendidikan yaitu 22 anak. Dari penerapan metode design sprint, berdasarkan hasil pengujian black box yaitu 10 kebutuhan fungsional telah lulus dan sudah terverifikasi sehingga dinyatakan bahwa aplikasi Reado memenuhi kebutuhan dari pengguna. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian usability dari kelas 1 sampai 6, didapatkan hasil yaitu nilai dari aspek efisiensi memiliki rata-rata 93,5% yaitu “baikâ€, nilai dari aspek efektivitas 0,06 yaitu “sangat baik†dan nilai dari aspek kepuasan pengguna 80,37 yaitu “baikâ€.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7092 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|