Pengembangan Media Pembelajaran Peralatan Multimedia berbasis Augmented Reality dengan Outfit Marker di SMK Hayam Wuruk Mojokerto
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Media Pembelajaran Peralatan Multimedia berbasis Augmented Reality dengan Outfit Marker di SMK Hayam Wuruk Mojokerto |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Wardana, Mei Mukti Afirianto, Tri Rokhmawati, Retno Indah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Terdapat keterbatasan dalam mengakses alat peraga peralatan multimedia karena kondisi pandemi yang diberlakukan pembelajaran secara jarak jauh atau daring pada SMK Hayam Wuruk Mojokerto. Padahal tidak semua siswa memiliki alat peraga untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Maka dari itu dibuatlah aplikasi Android yang berbasis augmented reality untuk memberikan gambaran alat peraga secara nyata. Penelitian ini menggunakan model waterfall dan unified modelling language (UML) ketika melakukan perancangan pada aplikasi Android berbasis augmented reality. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan Unity dan Vuforia untuk menghasilkan aplikasi Android media pembelajaran peralatan multimedia. Pengujian aplikasi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut layak untuk digunakan dengan menggunakan dua teknik yaitu black box testing dan usability testing. Validasi media aplikasi dilakukan oleh ahli media, guru dan siswa menggunakan usability testing dan skala likert 1-5 melalui kuesioner atau angket. Pengujian usability testing yang telah diuji oleh ahli media, guru dan siswa menunjukkan bahwa aplikasi ini termasuk kriteria "Baik" untuk dijadikan tambahan media pembelajaran tambahan. Dari hasil pengujian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa aplikasi Android media pembelajaran peralatan multimedia berbasis augmented reality dengan outfit marker dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagi media pembelajaran.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9914 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|