Record Details

Pengembangan Media Pembelajaran Peralatan Multimedia berbasis Augmented Reality dengan Outfit Marker di SMK Hayam Wuruk Mojokerto

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Media Pembelajaran Peralatan Multimedia berbasis Augmented Reality dengan Outfit Marker di SMK Hayam Wuruk Mojokerto
 
Added Entry - Uncontrolled Name Wardana, Mei Mukti
Afirianto, Tri
Rokhmawati, Retno Indah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Terdapat keterbatasan dalam mengakses alat peraga peralatan multimedia karena kondisi pandemi yang diberlakukan pembelajaran secara jarak jauh atau daring pada SMK Hayam Wuruk Mojokerto. Padahal tidak semua siswa memiliki alat peraga untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Maka dari itu dibuatlah aplikasi Android yang berbasis augmented reality untuk memberikan gambaran alat peraga secara nyata. Penelitian ini menggunakan model waterfall dan unified modelling language (UML) ketika melakukan perancangan pada aplikasi Android berbasis augmented reality. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan Unity dan Vuforia untuk menghasilkan aplikasi Android media pembelajaran peralatan multimedia. Pengujian aplikasi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut layak untuk digunakan dengan menggunakan dua teknik yaitu black box testing dan usability testing. Validasi media aplikasi dilakukan oleh ahli media, guru dan siswa menggunakan usability testing dan skala likert 1-5 melalui kuesioner atau angket. Pengujian usability testing yang telah diuji oleh ahli media, guru dan siswa menunjukkan bahwa aplikasi ini termasuk kriteria "Baik" untuk dijadikan tambahan media pembelajaran tambahan. Dari hasil pengujian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa aplikasi Android media pembelajaran peralatan multimedia berbasis augmented reality dengan outfit marker dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagi media pembelajaran.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9914
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com