Pengembangan Gim Point And Click Menggunakan Design, Play, Experience (DPE) Framework
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Gim Point And Click Menggunakan Design, Play, Experience (DPE) Framework |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
HSS, Unggar Salsabila Wardhono, Wibisono Sukmo Arwani, Issa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Gim dengan genre point and click adalah gim di mana pemain berinteraksi dengan cara mengarahkan pointer ke suatu lokasi di dalam layar ke arah objek virtual lalu menekan tombol sesuai dengan perangkat yang digunakan. Gim point and click yang dikembangkan pada Komputer mempunyai keunggulan di mana pointing device yang akurat serta ukuran layar yang besar. Pada platform smartphone android, pengguna menunjuk suatu layar dengan menyentuhnya menggunakan jari di mana posisi sentuhan tersebut kurang akurat. Ukuran layar smartphone yang lebih kecil dari layar komputer sehingga mengakibatkan objek terlihat lebih kecil. Hal ini menjadi tantangan untuk mengembangkan gim point and click pada platform smartphone android. Perancangan gim ini menggunakan framework DPE yang membagi perancangan menjadi beberapa lapisan, antara lain: lapisan learning, storytelling, gameplay, user experience, dan technology. Pengujian yang dilakukan pada pengembangan gim ini adalah black box testing, usability testing, dan fun testing. Black box testing berfungsi untuk menguji fungsional dari gim yang dikembangkan. Usability testing berfungsi untuk menguji apakah tujuan gim sudah tercapai. Fun testing berfungsi untuk menemukan unsur yang menyenangkan pada gim yang dikembangkan. Dari hasil pengujian yang dilakukan, bahwa semua fungsional memiliki hasil yang valid, responden menanggapi secara positif, serta didapatkan tiga fun factor dan tiga not fun factor.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9325 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|