Record Details

Deteksi Iklan pada Twit menggunakan Metode Naive Bayes

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Deteksi Iklan pada Twit menggunakan Metode Naive Bayes
 
Added Entry - Uncontrolled Name Firdausy, Thariq Muhammad
Adikara, Putra Pandu
Sutrisno, Sutrisno
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Twitter merupakan salah satu media sosial yang penggunanya selalu bertambah setiap harinya. Dengan kemudahan penyebaran informasi melalui Twitter, beberapa orang menggunakan Twitter sebagai tempat mereka mempromosikan dagangan dengan menulis iklan. Iklan tersebut untuk beberapa pengguna Twitter cenderung menggangu, karena iklan tersebut tidak relevan dengan informasi yang ingin mereka baca. Iklan tersebut bisa dilakukan klasifikasi agar bisa memisahkan antara twit iklan dengan twit bukan iklan. Proses klasifikasi twit iklan dilakukan dengan menggunakan metode Naive Bayes. Pada proses klasifikasi data twit dikumpulkan untuk dijadikan data latih dan data uji, kemudian dilakukan preprocessing kepada data twit tersebut yang selanjutnya akan dilakukan pembobotan dengan menggunakan metode term frequency. Fitur yang digunakan dalam klasifikasi dengan Naive Bayes yaitu fitur bag-of-word. Hasil klasifikasi didapat dari perbandingan hasil posterior yang didapat dari setiap kelas. Tingkat kinerja dari hasil yang didapat dengan metode Naive Bayes menggunakan fitur bag-of-word memiliki nilai precision 0,96, recall 1, f-measure 0,98, dan accuracy 0,98.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10413
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 1 (2022): Januari 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com