Record Details

Sistem Tindakan Kepemimpinan Transaksional di Perpustakaan Ganesha Stembayo Yogyakarta

LENTERA PUSTAKA: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan,Informasi, dan Kearsipan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Sistem Tindakan Kepemimpinan Transaksional di Perpustakaan Ganesha Stembayo Yogyakarta
 
Creator Wijatiningsih, Dwi
Zain, Labibah
 
Subject sistem tindakan; kepemimpinan transaksional; sistem tindakan
 
Description Penelitian ini berfokus pada sistem tindakan pada kepemimpinan transaksional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sistem tindakan yang ada pada kepemimpinan transaksional di Perpustakaan SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta atau lebih dikenal dengan Perpustakaan Stembayo Yogyakarta. Teori yang digunakan pada penelitian yaitu teori fungsionalisme struktural yang berfokus melahirkan sebuah teori sistem tindakan dengan empat tahapan yaitu; adaptation, goal, integrasi, latensi (AGIL) dan sebuah teori kepemimpinan transaksional dengan empat ciri yaitu; contigen reward, active management by exception, passive management by exception, laissez-faire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengambilan data wawancara tidak terstruktur, dan informan penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan Ganesha Stembayo. Penelitian ini memiliki hasil temuan strategi agar staff perpustakaan mampu mencapai tujuan dari tugas yang diberikan. Strategi yang dilakukan antara lain memberikan motivasi, selalu mengingatkan untuk bekerja sesuai dengan tupoksi, staff perpustakaan diikutsertakan dalam pelatihan, memberikan reward sesuai prestasi kerja yang dicapai, dan diikut sertakan dalam kompetisi. Kepala Perpustakaan Ganesha Stembayo dalam pencapaian sistem hubungan memiliki strategi agar seluruh tugas yang diberikan kepada staff perpustakaan mencapai tujuan sesuai prosedur, dengan menerapkan plan-do-evaluate-followup (merencanakan-melaksanakan-evaluasi-tindak lanjut). Hasil lainnya menunjukkan bahwa seorang pemimpin dengan gaya transaksional berusaha menjadi mitra kerja ketika seorang staff perpustakaan tidak mampu mencapai tujuannya. Ini dilakukan dengan menunjukkan kesalahan dengan bahasa yang baik dan tidak bernada tinggi agar staff perpustakaan tidak merasa tertekan.
 
Publisher Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Date 2021-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/31162
10.14710/lenpust.v7i1.31162
 
Source Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan; Vol 7, No 1 (2021): Juni 2021; 65-74
2540-9638
2302-4666
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/31162/19691
 
Rights Copyright (c) 2021 Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com