Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook menggunakan Model Pengembangan Addie pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMKN 02 Singosari
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook menggunakan Model Pengembangan Addie pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMKN 02 Singosari |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Umami, Faradilla Wijoyo, Satrio Hadi Rokhmawati, Retno Indah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pada masa pandemi hampir semua sekolah melaksanakan kegiatan belajar dari rumah, sehingga adanya media mampu membantu siswa untuk belajar dari rumah. pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan selama pandemi menggunakan media pembelajaran berbentuk power point. E-modul sangat membantu jika dikembangkanPenelitian ini diawali dengan tahap analysis terhadap pembelajaran, selanjutnya melakukan design media pembelajaran dengan melakukan perancangan wireframe, lalu melakukan tahap development dengan penyusunan materi menggunakan Microsoft word dan desain e-modul menggunakan corel-draw, setelah desain jadi dilakukan export file menjadi pdf, lalu di export menjadi flipbook menggunakan pdf flipbook professional, agar penulis mengetahui apakah media sudah cukup baik di implementasikan, penulis menggunakan kuesioner validasi kepada ahli media dan ahli materi untuk penilaiannya, dilanjutnkan dengan tahap evaluation menggunakan pre-test dan post-test yang nantinya akan dijawab oleh siswa. Hasil uji normalitas untuk pre-test dan post-test adalah nilai signifikansi pre-test sebesar 0,006, post-test sebesar 0,000 dan kuesioner sebesar 0,000. Selanjutnya data masuk kedalam uji statistic non parametrik dengan rumus Uji Wilcoxon dan mendapatkan hadil 0,002. Bedasarkan nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka hasil Ha diterima dan Ho ditolak, dengan penulisan hipotesis yaitu “Terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan media pembelajaranâ€.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10766 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|